26 Juli 2014

10 Makanan Tinggi Kolesterol yang Harus Dihindari

Hati dan kolesterol

Kolesterol adalah lemak yang ditemukan dalam darah yang diperlukan untuk membantu proses produksi hormon dan fungsi membran sel. Ketika tubuh mendapatkan kolesterol dalam batasan yang normal, maka tubuh akan sehat. Namun, ketika kadar kolesterol sudah tinggi, maka risiko penyakit jantung dan stroke akan menghantui Anda.

Di bawah ini kami tampilkan daftar makanan yang mengandung tinggi kolesterol yang kami kutip dari laman healthaliciousness.com dan everydayhealth.com. Jjika Anda masih peduli dengan kesehatan, maka sebaiknya hindari makanan-makanan ini.

Kuning Telur

Menurut healthaliciousness.com, kuning telur memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dari hampir semua makanan dengan 1.234 mg per 100 gram penyajian atau 411% dari nilai harian. Satu kuning telur mengandung 210 mg kolesterol, sedangkan telur utuh (termasuk putih telur) hanya menambah kadar kolesterolnya menjadi 212 mg. Dengan demikian, bisa dikatakan semua kolesterol yang terdapat pada telur terdapat pada kuning telur.

Bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi kuning telur, namun aturlah sedemikian rupa. Misal, jika Anda mengonsumsi kuning telur di pagi hari, maka hindari makan cheese burger besar di siang harinya.

Hati

Menurut healthaliciousness.com, hati merupakan makanan yang tinggi kolesterol. Hati yang berasal dari hampir semua hewan akan mengandung 564 mg kolesterol per 100 gram atau 188% dari nilai harian.

Menurut American Heart Association, batasan sehat orang dewasa dalam mengonsumsi kolesterol adalah 300 mg per hari. Tiga ons hati sapi yang dimasak akan mengandung 331 mg kolesterol.

Mentega

Menurut healthaliciousness.com, banyak rumah tangga yang kini menggunakan mentega pada masakannya. 100 gram mentega kemasan mengandung 215 mg (72% nilai harian) kolesterol dan satu sendok makan mentega mengandung 30 mg (10% nilai harian) kolesterol.

Udang

Menurut healthaliciousness.com, 100 gram udang akan mengandung 195 mg (65% nilai harian) kolesterol. Sebuah udang besar akan mengandung 11 mg (4% nilai harian) kolesterol dan satu ons udang akan mengandung sekitar 55 mg kolesterol.

Beberapa jenis makanan seafood memang baik untuk Anda, namun ada juga beberapa diantaranya yang sarat dengan kolesterol. Ketika Anda memilih untuk mengonsumsi makanan seafood, ada baiknya rebus terlebih dahulu barulah digoreng, setidaknya hal ini akan menurunkan kadar kolesterolnya.

Ayam

Meskipun ayam adalah salah satu pilihan daging rendah lemak, namun cara memasaknya akan membuatnya berbeda. Satu kaki ayam dengan kulitnya akan mengandung lemak dan kolesterol lebih tinggi dari secangkir es krim atau burger. Mengonsumsi atau memasak ayam beserta kulitnya akan membuatnya menjadi makanan yang tinggi kolesterol.

Makanan Cepat Saji

Menurut healthaliciousness.com, makanan cepat saji mengandung tinggi kolesterol. Irisan tipis gorengan, telur dan keju biskuit akan mengandung 172 mg (57% nilai harian) kolesterol per 100 gram porsi, atau 246 mg (82% nilai harian) kolesterol per biskuit.

Lemak trans akan membuat semua makanan ringan dan makanan cepat saji menjadi makanan yang tinggi kolesterol. Lemak trans adalah hasil dari penambahan hidrogen ke minyak nabati, yang kemudian banyak digunakan pada banyak makanan panggang atau goreng, seperti cookies, cake, kentang goreng dan keripik kentang.

Keju

Menurut healthaliciousness.com, keju adalah sumber protein yang baik bagi vegetarian dan juga merupakan sumber kalsium yang baik, selain tentunya sebagai tambahan yang lezat untuk sebagian besar makanan. Keju mengandung 123 mg (41% nilai harian) kolesterol per 100 gram penyajian. Sedangkan per satu inci kubus keju akan mengandung 21 mg (7% nilai harian) kolesterol.

Daging Olahan

Menurut healthaliciousness.com, kadar kolesterol dalam daging olahan tergantung dari seberapa banyak lemak yang ditambahkan selama proses pengolahannya. Dalam hal ukuran kadar kolesterol, daging sapi, domba dan itik terbilang sama.

Cheese Burger

Cheese Burger besar mengandung sekitar 175 mg kolesterol. Sebaiknya bila memang ingin mengonsumsi Cheese Burger, maka tidak usah lagi memakan kentang goreng atau makanan gorengan lainnya.

Es Krim

Menurut everydayhealth.com, satu cangkir es krim memiliki lemak lebih banyak daripada hamburger dan lebih tinggi kadar kolesterolnya dari 10 donat. Kurangi konsumsi es krim, dan sebagai gantinya makanlah buah segar sebagai pencuci mulut. Buah mengandung rendah kalori dan tinggi serat, vitamin, dan nutrisi yang sangat Anda butuhkan. Mengonsumsi buah sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol.