Prostatitis: Radang Kelenjar Prostat

Wednesday, October 01, 2014
Letak kelenjar prostat


Apa itu kelenjar prostat?

Prostat adalah kelenjar yang terletak tepat di bawah kandung kemih pria, mengelilingi uretra dan berada di depan anus. Uretra adalah saluran yang membawa urin keluar dari kandung kemih.

Apa itu prostatitis?

Prostatitis adalah peradangan pada kelenjar prostat. Gejala prostatitis cenderung mirip dengan gejala infeksi saluran kemih lainnya.

Apa saja jenis prostatitis?

Ada tiga jenis utama prostatitis. Yang pertama dan kedua adalah prostatitis bakteri akut dan prostatitis bakteri kronis. Keduanya disebabkan oleh infeksi pada prostat. Prostatitis dianggap kronis jika berlangsung lebih dari tiga bulan. Prostatitis juga dapat terjadi akibat otot-otot panggul atau kandung kemih yang tidak bekerja sempurna, jenis yang satu ini masuk ke dalam prostatitis non bakterial kronis/sindrom nyeri panggul kronis dan merupakan kasus prostatitis terbanyak.

Apa saja gejala prostatitis?

Gejala prostatitis biasanya cenderung mirip dengan gejala infeksi saluran kemih lainnya. Beberapa gejala prostatitis adalah:
  • Sulit atau nyeri atau panas saat buang air kecil
  • Sering buang air kecil
  • Demam (terkadang menggigil)
  • Nyeri punggung bawah
  • Nyeri pada batang kemaluan, testis atau perineum (daerah antara testis dan anus)
  • Kurang mampu ereksi dan terkadang nyeri pada saat atau setelah ejakulasi.
Apa penyebab prostatitis?

Bagaimana prostat menjadi terinfeksi masih belum jelas. Bakteri yang menyebabkan prostatitis dapat masuk ke prostat dari uretra karena aliran mundur urin yang terinfeksi.

Selain itu ada beberapa kondisi tertentu yang meningkatkan risiko seseorang mengembangkan prostatitis. Faktor risiko tersebut adalah:
  • Baru-baru ini menggunakan alat medis, seperti kateter urin
  • Melakukan hubungan anal
  • Memiliki saluran kemih yang abnormal
  • Baru-baru ini memiliki infeksi kandung kemih
  • Memiliki pembesaran prostat.
Apakah prostatitis dapat ditularkan dari hubungan badan?

Terkadang, prostatitis disebabkan oleh organisme menular seksual, seperti klamidia dan mikoplasma, keduanya dapat ditularkan melalui hubungan badan. Namun, mengingat sebagian besar kasus prostatitis disebabkan oleh infeksi tidak menular seksual, maka hanya sedikit kasus prostatitis yang ditularkan melalui hubungan badan.

Apakah prostatitis dapat menyebabkan kanker?

Meskipun prostatitis dapat menimbulkan ketidaknyamanan, namun tidak menjadi penyebab kanker. Dokter biasanya melakukan suatu tes darah yang disebut dengan prostate-specific antigen (PSA) untuk menguji kanker prostat. Jika Anda mengalami prostatitis, maka tingkat PSA mungkin naik. Namun bukan berarti Anda juga menderita kanker. Dokter mungkin akan memeriksa tingkat PSA Anda lagi serta melakukan pemeriksaan lain untuk menentukan kehadiran kanker prostat.

Bagaimana dokter mendiagnosis prostatitis?

Dokter akan melakukan pemeriksaan rektal (anus) dan urin untuk mengetahui penyebabnya. Pada pemeriksaan rektal, dokter akan memeriksa prostat menggunakan tangan dengan menggunakan handscoon (sarung tangan medis) berpelumas, lalu jari dokter akan masuk ke dalam anus untuk merasakan bagian belakang kelenjar prostat Anda. Biasanya pemeriksaan ini akan terasa nyeri bila pasiennya adalah penderita prostat, tapi hal ini tidak menyebabkan kerusakan atau nyeri berkepanjangan. Selain itu, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan USG transrectal untuk melihat kelenjar prostat lebih jelas.

Bagaimana mengobati prostatitis?

Diagnosis yang tepat sangatlah penting karena pengobatan prostatitis akan berdasarkan penyebabnya. Antibiotik umum digunakan untuk mengobati prostatitis yang disebabkan infeksi. Mungkin penderita harus minum antibiotik dalam jangka waktu yang lama, misalnya beberapa minggu atau beberapa bulan. Jika prostatitis sudah parah, penderita mungkin perlu dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan dengan cairan dan antibiotik.

Bagaimana dengan pengobatan prostatitis non infeksi?

Karena dokter belum begitu memahami dengan apa yang menyebabkan prostatitis non infeksi, jadi pengobatannya cukup membingungkan. Dokter juga mungkin akan meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi yang tersembunyi.

Obat anti-inflamasi non steroid seperti ibuprofen atau naproxen, dan duduk rendam hangat (duduk di dalam air hangat sedalam dua sampai tiga inci) dapat membantu memulihkan kesehatan Anda akibat prostatitis.

Apakah prostatitis dapat kambuh?

Pria yang pernah mengalami prostatitis bisa saja akan mengalaminya lagi. Hal ini mungkin karena antibiotik yang tidak masuk ke kelenjar prostat dengan baik. Sejumlah kecil bakteri mungkin bersembunyi di dalam prostat, dan tidak terbunuh oleh antibiotik. Setelah Anda berhenti meminum antibiotik sebelum sembuh, biasanya infeksi akan menjadi lebih buruk lagi. Jika ini terjadi, Anda mungkin harus minum antibiotik untuk jangka waktu yang lebih lama lagi.

Mungkinkah kelenjar prostat diangkat jika prostatitis?

Prostatitis umumnya dapat diobati dengan obat-obatan dan tidak memerlukan operasi. Namun operasi mungkin akan dilakukan pada kasus prostatitis parah dan kronis atau karena kelenjar prostat membengkak sehingga memblokir aliran urin.


Referensi:
  • American Academy of Family Physicians. "Prostatitis". http://familydoctor.org/familydoctor/en/diseases-conditions/prostatitis.html
  • Urology Care Foundation. "Prostatitis (Prostate Infection)". http://www.urologyhealth.org/urology/index.cfm?article=15
  • WebMD.  "Prostatitis". http://www.webmd.com/men/guide/prostatitis

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.