Penyebab dan Pengobatan Mata Kering

Advertisement
Mata kering

Jika kondisi mata Anda kering, maka artinya produksi air mata Anda kurang, atau produksinya cukup namun kualitasnya buruk. Dari seluruh masalah mata, mata kering merupakan gangguan yang paling sering terjadi.

Sebenarnya banyak orang yang mengalami mata kering, hanya saja mereka sering tidak menyadarinya. Penderita mata kering umumnya adalah wanita paruh baya atau yang lebih tua, namun laki-laki dewasa dan dewasa muda juga dapat mengalaminya.

Penyebab mata kering

Mata kering dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti alergi yang mempengaruhi mata dan juga beberapa jenis arthritis. Jenis obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan mata kering, dan gejalanya akan semakin parah ketika berada di lingkungan yang berudara kering seperti ruangan AC dan lingkungan yang penuh polusi udara. Mata kering juga dapat terjadi akibat penyumbatan atau penyempitan pada saluran drainase kecil yang merupakan jalur air mata.

Sebagian orang yang mengalami mata kering juga mengalami mata yang terus berair. Cukup membingungkan bukan jika dokter memberitahu bahwa penyebab mata Anda sering berair adalah karena mata Anda yang terlalu kering. Hal ini karena air mata tidak memiliki keseimbangan dengan lendir, air dan minyak yang tepat untuk melumasi mata Anda dengan baik. Ini akan menyebabkan permukaan mata menjadi kering, dan akhirnya mata bereaksi dengan memproduksi air dalam jumlah yang besar namun berkualitas buruk.

Tanda dan gejala mata kering

Mata Anda mungkin terasa kering, merah, terasa terbakar, berpasir atau berair dan sangat sensitif terhadap cahaya terang. Pada situasi dimana Anda jarang berkedip, seperti saat membaca buku, menonton televisi, mengemudi atau bekerja di depan komputer, maka air mata yang diproduksi sangat sedikit, dan gejalanya akan semakin parah. Itulah mata kering.

Pengobatan mata kering

Setiap bentuk iritasi dan alergi yang mempengaruhi mata sedapat mungkin harus dihindari. Apapun penyebab mata kering, biasanya akan terbantu dengan penggunaan tetes air mata buatan secukup mungkin (setiap jam jika perlu) agar mata terasa nyaman. Tetes air mata buatan ini dapat dibeli dengan atau tanpa resep dokter dari apotek.

Ada pula jenis salep mata yang akan memberikan pelumasan yang lebih tahan lama pada mata. Jika Anda merasa memang perlu untuk menggunakan tetes mata atau salep, jangan memilih produk yang mengandung pengawet karena dapat menyebabkan iritasi pada mata Anda. Jika Anda bingung dengan produk mana yang tepat, konsultasikan ke dokter.

Pengobatan yang ditujukan pada penyebabnya juga dapat membantu mengatasi masalah mata kering. Pada kasus mata kering yang lebih parah, mungkin dapat dilakukan tindakan khusus pada saluran mata. Ini akan membantu melembabkan mata. Namun ini hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis mata dengan menggunakan alat mata khusus untuk memperbaiki saluran mata.

Mencegah mata kering

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan sendiri untuk mencegah dan mengatasi mata kering, antara lain:
  • Menggunakan tetes air mata buatan secukupnya.
  • Menggunakan humidifier di rumah.
  • Minum banyak cairan agar tubuh terhidrasi dengan baik.
  • Lebih sering mengedipkan mata. Dengan begini, mata Anda akan memproduksi air mata lebih banyak dan sangat membantu saat melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi dan fokus.
  • Hindari asap, debu dan polusi udara lainnya karena dapat mengiritasi mata.
  • Jangan menggosok-gosok mata karena hal ini dapat membuat mata sakit.
  • Sedapat mungkin, hindari terpaan angin langsung ke mata Anda. Terutama saat berkendara dengan sepeda motor, menggunakan helm full face akan lebih baik.
Semua konten di Medkes hanya untuk tujuan informasi dan tidak untuk dijadikan dasar dalam mendiagnosis atau membuat rencana pengobatan. Hubungi profesional medis untuk diagnosis dan pengobatan Anda. Lihat Disclaimer