Kalkulator Kalori, Hitung Kebutuhan Kalori Harian Anda

Tuesday, November 12, 2013
Kalkulator kalori

Anda obesitas dan ingin menurunkan berat badan? Berapa banyak asupan kalori harian yang Anda butuhkan sesuai aktivitas Anda untuk menjaga, megurangi atau menambah berat badan? Jawaban untuk pertanyaan ini kami sediakan dalam Kalkulator Kalori (BMR) di bawah ini.

Kalkulator ini menampilkan Laju Metabolisme Basal atau Basal Metabolic Rate (BMR) dan kebutuhan akan karbohidrat, protein, dan lemak dalam kalori dan gram/hari untuk laki-laki dan wanita dewasa dalam 3 opsi :
  1. Untuk menjaga berat badan
  2. Untuk menurunkan berat badan
  3. Untuk menambah berat badan
Kalkulator kalori akan membantu usaha Anda dalam menurunkan berat badan atau mengontrol obesitas. Yang jelas, jika Anda berusaha menurunkan berat badan, maka Anda harus membakar kalori lebih banyak dari kalori yang masuk. Dan cara terbaik lagi menyehatkan untuk menurunkan berat badan adalah dengan menurunkannya secara bertahap dalam jangka panjang, sedikit demi sedikit mengurangi asupan kalori dari biasanya dan meningkatkan pembakaran kalori dengan aktivitas atau olahraga.

Cara penggunaan: Begitu Anda memasukkan data, kalkulator akan menghitungnya secara otomatis. Namun untuk memastikan, Anda boleh tekan kembali tombol "Hitung Kembali". Pada opsi penurunan berat badan (opsi B) dan penambahan berat badan (opsi C) satuan dihitung dalam 0,5 kilogram. Ubah saja untuk mengurangi atau menambahnya (koma menggunakan titik), lalu tekan lagi tombol "Hitung Kembali."

Kalkulator Kalori Harian
Masukkan data
Jenis kelamin
Tinggi
Berat
Umur tahun
Tingkat aktivitas
Hitung otomatis   
Hasil
Basal Metabolic Rate (BMR)
A. Kebutuhan untuk menjaga berat badan
Kalori kal
Karbohidrat (55%) kal = gm
Protein (15%) kal = gm
Lemak (30%) kal = gm
B. Kebutuhan untuk mengurangi berat  per minggu*
Kalorie kal
Karbohidrat (55%) kal = gm
Protein (15%) kal = gm
Lemak (30%) kal = gm
C. Kebutuhan untuk menambah berat  per minggu*
Kalori kal
Karbohidrat (55%) kal = gm
Protein (15%) kal = gm
Lemak (30%) kal = gm

* Untuk menurunkan berat badan 1/2 kilogram setiap minggu, maka setiap hari harus mengurangi 500 kalori. Untuk menambah berat badan 1/2 kilogram setiap minggu, Anda harus menambah 500 kalori setiap hari. Namun, total kalori <1.200 kalori sangat tidak dianjurkan dan penurunan berat badan >1 kilogram perminggu juga tidak dianjurkan

Agar lebih seimbang dalam menurunkan berat badan 1/2 kilogram per minggu, tingkatkan aktivitas Anda. Misal, Anda menurunkan asupan kalori sebanyak 250 kalori dan sisanya 250 kalori bisa Anda turunkan dengan berolahraga, ini lebih dianjurkan. Cara seperti ini mencegah penurunan tingkat metabolisme Anda dan menambah massa otot.
AllNutritionals.com

Perhatian
Perhitungan kalkulator kalori harian di atas belum bisa dijadikan patokan yang akurat, mengingat tingkat aktivitas seseorang itu berbeda-beda dan mungkin tidak termasuk dalam 5 kategori aktifitas di atas. Untuk ketepatannya, silahkan hubungi ahli gizi Anda, mereka lebih memahami berapa angka kebutuhan kalori harian yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Anda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.