Gatal-gatal, Waspadai Neurodermatitis !

Wednesday, April 17, 2013
Jangan sepelekan rasa gatal pada bagian kulit tertentu, seperti daerah tengkuk, pergelangan kaki, pinggang ataupun paha. Bisa jadi itu gejala neurodermatitis, yaitu penyakit kulit kronik penyebab infeksi kulit akut.

Penyakit neuodermatitis sering dijumpai di masyarakat. Namun pada umumnya, masyarakat awam tak terlalu paham tentang penyakit ini. Penderita baru mencari pengobatan setelah kondisi kulit terinfeksi ini sudah kronis.

Neurodermatitis pada tengkuk
Neurodermatitis pada tengkuk
"Neurodermatitis adalah kondisi kulit yang ditandai dengan gatal yang lama, hilang timbul, kambuhan sampai bertahun-tahun. Penyakit ini dapat mengganggu produktivitas kerja," jelas dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin Universitas Udayana, Indra Teguh Wiryo.

Dia menjelaskan, gejala neurodermatitis ditandai dengan kulit sedikit gatal pada tempat predileksi (daerah yang menjadi pilihan) tertentu. Seperti daerah tengkuk, pergelangan kaki, termasuk juga daerah sekitar kemaluan. Saat penderita menggaruk, membuat daerah kulit tersebut semakin gatal terus-menerus. Siklus gatal garuk ini dapat terjadi secara sadar maupun tidak sadar, misalnya saat tidur.

Akibat siklus gatal garuk tersebut, lanjut Indra, akan timbul lesi kulit yang menebal, bersisik, terasa kasar, yang berujung adanya luka lecet hingga bernanah pada daerah tersebut karena garukan. "Luka tersebut bisa menimbulkan infeksi yang dapat berlanjut ke penyakit kulit lainnya di sekitar tubuh penderita," terangnya.

Faktor Penyebab Neurodermatitis

Lingkungan

Internal
  Panas Alergi
  Keringat Stres
  Pakaian ketat Gangguan kecemasan
  Gigitan serangga                   Obsessive compulsive disorder   

Depresi


Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski), Asnawi Madjid menyarankan, penderita neurodermatitis segera mencari bantuan medis ke dokter apabila didapatkan keluhan gatal terus menerus yang lama. Apalagi, bila siklus gatal garuk ini menggangu tidur maupun pekerjaan.

"Kalau kurang dari satu bulan luka garukan di kulit menjadi terinfeksi, terasa sakit, dan bernanah, sebaiknya jangan tunda lagi. Pasien harus mendapat pertolongan segera agar tidak menyebar ke bagian tubuh lain," saran dia. Luka yang sudah terinfeksi, sebaiknya diobati dengan antibiotik dan obat antigatal.

Sumatera Ekspress, Selasa 16 April 2013
Kredit foto : www.14dayseczemacure.com 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.