Cara Menolong/Mengatasi Orang Pingsan

Friday, March 29, 2013
Pingsan adalah suatu kondisi dimana kesadaran seseorang hilang untuk beberapa saat. Utamanya, pingsan disebabkan karena kurangnya suplai oksigen ke otak. Si korban tiba-tiba merasa lemah, pucat serta mual, kemudian jatuh ke lantai/tanah dan tidak sadarkan diri. Dalam banyak kasus, biasanya pingsan bisa sembuh hanya dalam satu atau dua menit.

Beberapa Penyebab Pingsan :
  • Akibat merasa amat lelah karena aktivitas/pekerjaan yang berlebihan.
  • Berdiri diam (seperti saat upacara bendera) dalam waktu yang lama.
  • Baru selesai dari istirahat total di tempat tidur (bedrest) selama beberapa hari atau minggu.
  • Ketegangan emosi, karena pembuluh darah kecil berelaksasi dan darah yang mengalirinya sedikit. Ini mengakibatkan turunnya tekanan darah secara drastis.
  • Akibat tekanan di leher, terutama pada arteri carotis (nadi kepala), mungkin akan mengurangi suplai darah ke otak yang akhirnya menyebabkan pingsan. Bisa juga terjadi karena mengenakan pakaian yang terlalu ketat pada bagian leher.
  • Akibat merasa takut yang berlebihan, seperti melihat darah, orang berkelahi, atau melihat sesuatu yang ditakutinya.
Menghirup udara terlalu banyak juga bisa menyebabkan pusing yang akhirnya dapat mengakibatkan pingsan. Ini lebih disebabkan karena perasaan cemas yang berlebihan karena seseorang merasa tidak mendapatkan cukup udara, lalu menghirup udara secara berlebihan (banyak-banyak), yang akhirnya melebihi kebutuhan normal udara mereka. Ini disebut dengan sindrom hiperventilasi. Orang seperti ini harus melakukan aktivitas bernapas dalam sebuah kantung kertas atau plastik (napas yang keluar dihirup kembali) saat perasaaan aneh ini muncul. Bernapas dalam kantung kertas seperti ini secara berturut-turut akan menaikkan kadar karbondioksida di dalam darah dan mengembalikan keseimbangan kimia normal pada tubuh.

Perawatan Untuk Korban Pingsan

Baringkan si "pingsan" dengan posisi kepala lebih rendah dari bagian tubuh lainnya dan naikkan kakinya lebih tinggi sampai ia sadar kembali. Usahakan ia si korban mendapatkan udara yang banyak, artinya jangan sampai banyak orang yang mengerubunginya. Bila ada persediaan gas oksigen atau kaleng semprot oksigen, akan sangat membantu. Jika tidak ada, kipasi saja bagian kepalanya dengan kertas atau semacamnya. Mungkin hanya ini cara terbaik untuk mengembalikan kesadarannya.

Cara Menolong/Mengatasi Orang Pingsan
Kaki lebih tinggi dan kepala lebih rendah, untuk hasil terbaik, kepala si korban pingsan sebaiknya lebih rendah lagi
Orang yang sering mengalami pingsan sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan tidak ada hal serius yang terjadi padanya. Mereka juga harus menghindari aktivitas berlebih atau bahkan hanya berdiri pada cuaca yang panas. Sarapan yang sehat di pagi hari, ikuti dengan waktu makan yang ideal di siang dan malam hari untuk menjaga normalnya kadar gula dalam darah. Aktivitas gerak badan (olahraga) yang rutin dan sesuai porsi juga akan membantu memelihara kesehatan pembuluh-pembuluh darah.

Kredit foto : www.dkimages.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.