28 Tips Mudah Agar Tetap Sehat

Thursday, March 21, 2013
28 Tips Mudah Agar Tetap Sehat

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kesehatan itu mahal, baru terasa mahalnya saat kita sedang sakit. Prinsip untuk mencapai kesehatan yang optimal adalah kemauan kita sendiri. Bila diri kita saja tidak memiliki kemauan untuk hidup sehat, bagaimana tubuh akan siap untuk melawan penyakit yang datang? Lakukan 28 tips di bawah ini, maka Anda akan tetap sehat selamanya (insya Allah).

Makanan dan Zat Gizi
  1. Pastikan Anda memperoleh diet seimbang dan terus menerus.
  2. Konsumsi sayuran dan buah-buahan segar, daging, kacang-kacangan, biji-bijian dan salad.
  3. Usahakan pilih bahan makanan yang segar, bahan makanan lokal biasanya lebih baik daripada bahan makanan yang diimpor dari negara jauh (karena waktu perjalanannya).
  4. Konsumsi cukup air putih guna memastikan Anda tidak mengalami dehidrasi. Tidak hanya itu, ini bagus untuk merawat organ-organ internal Anda, juga membuat kulit Anda tetap sehat dan mengurangi jerawat.
  5. Kurangi konsumi kafein.
  6. Hindari asupan alkohol, tembakau dan obat-obatan.
  7. Hindari gula, stimulan dan makanan olahan.
  8. Jaga berat badan agar tetap ideal.
Olahraga / Latihan
  1. Olahraga sebaiknya dilakukan empat kali dalam seminggu selama 20 sampai 30 menit setiap hari. Jika tidak memungkinkan, lakukan dalam porsi yang kecil.
  2. Cobalah untuk beraktifitas fisik sebanyak mungkin. Bergerak meloncat atau naik tangga, berjalan ke supermarket dan aktifitas lainnya.
  3. Bangun dipagi hari untuk bermeditasi atau kegiatan beribadah (eks Sholat).
  4. Lakukan pekerjaan rumah tangga.
  5. Jika Anda bosan atau jenuh berolahraga sendiri, cari teman yang memiliki komitmen yang sama untuk berolahraga. Faktor yang menyenangkan seperti ini akan membuat Anda tetap berkomitmen untuk berolahraga.
  6. Gerak tubuh juga bermanfaat untuk mengobati stress yang terpendam. Jadi tetaplah berolahraga meskipun sesibuk apa pekerjaan Anda
Kesehatan Umum
  1. Istirahat yang cukup setiap hari. Jangan sampai Anda kekurangan tidur dalam waktu yang lama.
  2. Jika Anda sedang dalam pengobatan untuk penyakit tertentu, pastikan Anda telah menjalankan semua saran dokter.
  3. Kulit, gigi, rambut dan kuku merupakan indikator kesehatan umum. Rambut yang rontok atau hilangnya kilau pada rambut mengindikasikan Anda kekurangan suatu zat gizi.
  4. Selalu "bersahabat" dengan dokter keluarga Anda. Lakukan pemeriksaan rutin.
  5. Berhati-hatilah dari tanda-tanda dari penyakit berbahaya, terutama kanker, penyakit jantung dll. Deteksi dini adalah kuncinya.
  6. Ketika Anda berkomitmen untuk hidup sehat, berarti Anda harus juga memperhatikan hal-hal kecil seperti kesehatan mata. Pastikan Anda cukup beristirahat karena mata sejatinya akan melayani Anda dalam waktu yang lama.
  7. Rawat gigi Anda. Kesehatan gigi juga berkaitan erat dengan penyakit jantung.
  8. Berusahalah memenuhi semua gizi Anda dari makanan yang Anda makan. Jika tidak memungkinkan, konsumsi multivitamin dan suplemen gizi.
  9. Dapatkan vitamin D dari sinar matahari.
Kesehatan dan Kebahagiaan
  1. Bernapas dengan lambat dan dalam adalah "counter" yang baik untuk situasi stress. Praktekkan ini.
  2. Kelilingi diri Anda dengan energi positif dan lingkaran sosial yang kuat. Keadaan seperti ini akan menjadikan suasana hati Anda selalu baik.
  3. Terlibat dalam aktifitas sosial.
  4. Bekerjalah sesuai style Anda sendiri, namun jangan sampai terobsesi.
  5. Yakin pada kemampuan Anda. Tetap bekerja meskipun ada kekurangan karena hidup adalah sebuah program pembelajaran yang terus menerus.
Kredit foto : blogs.psychcentral.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.