Penanggulangan Penyakit Campak

Thursday, February 21, 2013
Penyakit campak atau measles merupakan suatu penyakit yang mudah berjangkit dan biasanya terjadi dalam bentuk wabah. Kebanyakan orang dewasa sudah pernah menderita penyakit campak sehingga kurang berbahaya bagi mereka, karena penyakit campak jarang terjadi dua kali pada orang yang sama.

Penyakit campak biasanya dimulai dengan rasa menggigil/kedinginan dan demam, diikuti dengan batuk-batuk, hidung dan mata berair, dan perasaan lemah dan letih. Setelah tiga hari, ruam-ruam besar dan merah akan muncul di kulit muka dan leher, dan juga pada selaput lendir mulut. Ruam tersebut akan terlihat seperti serpih-serpih dedak yang kemerah-merahan, dan biasanya tersebar di seluruh tubuh.

Campak
Campak
Bila penyakit ini sudah memuncak, temperatur (suhu) tubuh mungkin naik hingga 40° Celcius atau bahkan lebih, dan si anak akan merasa sakit yang hebat. Biasanya juga terdapat pembengkakan di sekeliling mata dan si anak akan selalu berusaha menghindarkan matanya dari cahaya yang terang (silau). Si anak akan batuk-batuk dan bisa juga mengalami gatal-gatal. Dalam dua atau tiga hari, demam akan turun perlahan-lahan sampai menjadi normal kembali dan ruam pun hilang, dengan meninggalkan warna coklat kehitam-hitaman yang mungkin akan terus ada selama seminggu atau lebih.

Komplikasi
Ada kalanya penyakit campak akan bertambah parah hingga menjadi keadaaan yang lebih serius seperti radang tonsil, radang paru-paru dan otitis media atau radang telinga bagian dalam. Komplikasi lain yang cukup jarang terjadi namun serius adalah encephalitis atau radang otak.

Perawatan
Si sakit harus terus beristirahat di tempat tidur, di dalam kamar yang sejuk, dan lindungi matanya dari cahaya yang terang. Seandainya batuk, beri dengan obat batuk yang cocok. Jika kulit si penderita amat terasa gatal, beri bedak anti gatal misalnya yang mengandung calamine lotion beberapa kali sehari. Kulit harus selalu dalam keadaan bersih.

Tetes hidung juga bisa berguna untuk membersihkan hidung dan membuka saluran udara. Ini juga untuk membantu melindungi telinga dari infeksi, dan mencegah komplikasi-komplikasi lain pada kerongkongan. Lebih baik panggil dokter jika si anak batuk-batuk keras, karena radang paru-paru merupakan salah satu sebab kematian yang paling sering dialami sesudah penyakit campak.

Gamma Globulin telah terbukti manfaatnya untuk melindungi anak-anak yang lemah atau sakit karena sebab-sebab lain. Pengobatan yang terbaik dari semuanya adalah mencegah penyakit itu sebelum terjadi dengan menggunakan vaksin penyakit campak. Saat ini, vaksin campak ini mudah diperoleh di mana saja dan setiap anak harus mendapatkan imunisasi campak. Pemerintah telah menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk membasmi penyakit campak dengan memberikan vaksin campak secara cuma-cuma di Puskesmas. Tapi, jika anak anda sudah pernah menderita penyakit campak, vaksin ini tidak perlu lagi diberikan.

Kredit foto : reportageonline.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.