06 September 2013

6 Khasiat Pepaya untuk Kesehatan

Pepaya memiliki nama ilmiah Carica papaya L. dan berasal dari Amerika Tengah. Pohon yang memiliki batang berongga dan tidak berkayu ini menghasilkan buah dan daun yang sering dikonsumsi orang Indonesia.
Pepaya
Pepaya (Foto: arohaamed)
Daun, buah, biji dan getah pepaya banyak mengandung zat yang berguna bagi kesehatan, diantaranya: enzim papain, beta karotene, lisosim, lipase, glutamin, pectin, d-galaktosa dan masih banyak lagi.

Dari zat-zat yang terkandung di dalamnya, pepaya dapat digunakan untuk solusi berbagai macam masalah kesehatan, seperti :

1. Kulit melepuh karena panas

Potong-potong kulit buah pepaya. Tampung getahnya dan oleskan pada kulit yang melepuh. Diamkan selama sehari semalam. Bila bagian yang melepuh cukup luas, buah pepaya dapat diparut dan daging buahnya ditempelkan.

2. Malaria dan demam

Petik daun pepaya muda dan tumbuk hingga menjadi setengah gelas, tambahkan 3/4 gelas air dan sedikit garam. Peras campuran itu dan saring. Minum cairan ini 3 kali sehari dengan dosis yang sama. Lakukan selama 5 hari berturut-turut.

3. Gigitan ular berbisa

Ambil 5 jari akar pepaya. Bersihkan dan tumbuk hingga halus. Tempelkan pada bagian yang terkena gigitan dan balutlah. Gantilah setiap 2 hari. Ingat, pengobatan untuk gigitan ular berbisa ini hanya dilakukan ketika korban tidak memungkinkan untuk dibawa segera ke fasilitas kesehatan.

4. Beruban sebelum waktunya

Ambil 30 biji pepaya dan digongseng, lalu tumbuk hingga halus. Campurkan dengan 1 sendok minyak kelapa lalu gosokkan ke kulit kepala yang beruban atau di seluruh kepala.

5. Cacing gelang

Ambil 2 sendok makan biji pepaya. Giling halus dan seduh dengan 1/2 gelas air panas, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Minum cairan ini selagi hangat.

6. Jengkolan

Jengkolan adalah susah buang air karena terlalu banyak makan jengkol. Ambil setengah tangkai daun pepaya ditambah 10 lembar daun kacang panjang dan 6 tangkai daun singkong lalu cuci bersih.

Tumbuk seluruh bahan tersebut hingga halus kemudian tambah 1/2 cangkir air masak dan diremas-remas. Tambahkan setengah sendok madu, peras dan saring. Minum larutan ini 2 kali sehari.

Khasiat lain dari pepaya adalah untuk menyembuhkan sakit pencernaan, buang air besar yang tidak teratur, maag, sariawan dan menambah nafsu makan dengan cara yang mudah yaitu dengan memakan buah pepaya matang yang segar.