Kenali Gejala Demam Berdarah (DBD)

Sunday, April 27, 2014
Waspada demam berdarah

Setelah digigit oleh nyamuk demam berdarah yang sudah terinfeksi oleh virus dengue, biasanya gejala baru akan terjadi setelah 3 sampai 14 hari. Dalam periode waktu ini, Anda juga bisa menularkan virus dengue ke orang lain melalui nyamuk demam berdarah yang menggigit orang tersebut setelah sebelumnya menggigit Anda.

Gejala Demam Berdarah

Demam berdarah dengue (DBD) atau dengue haemorrhagic fever (DHF) memiliki banyak gejala, dan umumnya orang-orang akan mengalami gejala kombinasi. Gejala utama dari demam berdarah adalah DEMAM, dan setidaknya disertai dengan dua dari gejala-gejala di bawah ini, yaitu:
  • Sakit kepala hebat
  • Nyeri sendi, otot atau tulang
  • Ruam merah (bintik-bintik merah datar) pada kulit
  • Kehilangan nafsu makan
  • Rasa lelah yang ekstrem
  • Muntah, diare atau sakit perut
  • Perdarahan (misalnya dari hidung dan gusi)
  • Jumlah sel darah putih (leukosit) rendah (dengan pemeriksaan laboratorium).
Sebagian besar gejala demam berdarah berlangsung sampai satu minggu dan dalam beberapa kasus dapat mengulang kembali selama 2-3 hari. Gejala demam berdarah pada tiap-tiap orang bisa berbeda-beda, termasuk pengaruhnya pada tubuh. Mulai dari yang ringan, gejala yang tidak diketahui (sering terjadi pada anak-anak), hingga yang sangat parah dan dapat berakibat fatal. Yang jelas kebanyakan orang yang terinfeksi virus dengue akan mengalami rasa ketidaknyamanan yang hebat, terlepas dari gejala-gejala apa yang menyertainya.

Penderita demam berdarah juga seringkali memiliki kadar trombosit yang rendah dan cenderung mudah memar. Sedangkan komplikasi demam berdarah yang bisa terjadi, adalah syok (kolaps karena kehilangan cairan internal) dan perdarahan (perdarahan hebat) yang biasanya terjadi pada demam berdarah yang parah.

Pengobatan Demam Berdarah

Tidak ada obat khusus untuk mengobati demam berdarah. Perawatan medis hanya ditujukan untuk mengatasi gejala dan mengurangi risiko komplikasi yang mungkin terjadi sementar menunggu kondisi penderita pulih. Tiga hal utama yang harus dilakukan untuk mempercepat penyembuhan demam berdarah adalah:
  1. Istirahat total - Bisa di rumah atau di rumah sakit.
  2. Minum banyak cairan - Untuk mencegah dehidrasi. Penggunaan infus dinilai akan lebih memadai.
  3. Pemberian obat-obatan untuk mengatasi gejala - Seperti penggunaan obat analgesik untuk mengatasi demam dan sakit kepala.
Sebagian besar kasus demam berdarah yang tidak disertai dengan komplikasi biasanya akan sembuh dalam waktu dua minggu atau lebih.

Pencegahan Demam Berdarah

Tidak ada vaksin khusus untuk mencegah demam berdarah. Jalan terbaik untuk mencegah demam berdarah adalah dengan selalu menjaga kesehatan tubuh dan menghindari gigitan nyamuk khususnya nyamuk aedes aegypti.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.