Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Kesehatan

Thursday, March 13, 2014
Tanaman kumis kucing

Tanaman kumis kucing memiliki nama ilmiah Orthosiphon stamineus Benth, sedangkan nama daerahnya adalah remujung (Jawa), sesalaseyan, soengot koceng (Madura) dan di China disebut sebagai mao xu cao.

Tanaman kumis kucing tumbuh tegak namun cenderung menyemak atau rimbun, batangnya berwarna coklat keunguan atau kemerahan dan berbentuk persegi. Daunnya berbentuk belah ketupat, tepinya bergerigi dan kedua permukaannya berbintik-bintik. Sedangkan bunganya yang berwarna putih (ada juga yang berwarna kebiruan) berupa tandan yang keluar dari ujung cabang, benang sarinya lebih panjang dari tabung bunga.

Tanaman kumis kucing tumbuh baik di dataran rendah sampai dataran sedang (menengah). Dan untuk perbanyakannya, tanaman ini diperbanyak dengan stek batang. Potong batang sepanjang 15-20 cm dan tanam.

Tanaman kumis kucing mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk kesehatan, antara lain: orthosiphon glikosida, zat samak, minyak asiri, saponin, sapofonin, garam kalium, myoinositol.

Khasiat tanaman kumis kucing untuk pengobatan

1) Infeksi saluran kemih atau sering kencing (anyang-anyangan)
Petiklah tangkai dan daun kumis kucing sebanyak 30 g. Tambahkan daun meniran dan Commelia communis masing-masing 30 g. Rebus dan minumlah.

2) Kencing yang tersendat dan disertai rasa sakit
Daun kumis kucing yang dikeringkan dapat diseduh seperti teh, lalu diminum dengan gula aren juga berkhasiat.

3) Darah tinggi
Siapkan daun kumis kucing yang basah dan kering sebanyak 50 g. Daun kumis kucing yang kering dibersihkan lalu direbus dengan air secukupnya. Daun yang segar langsung diseduh dengan air panas. Hasil ramuan keduanya diambil lalu disaring. Ramuan ini sebaiknya diminum segelas sehari.

4) Demam
Siapkan 100 g akar kumis kucing. Cuci hingga bersih. Selanjutnya rebus dengan air sebanyak 2000 cc. Setelah mendidih diamkan air sampai tidak terlalu panas, kemudian disaring dan diambil airnya. Air rebusan ini cukup diminum segelas sehari.

5) Khasiat lain (menyembuhkan infeksi ginjal dan kencing batu, menambah nafsu makan, menghilangkan panas, dan mengobati encok)
Semua bagian tanaman kumis kucing dapat pula direbus atau dikeringkan, lantas diseduh seperti minum teh.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.