8 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Sunday, June 30, 2013
Rambut rontok

Ada baiknya menggunakan produk alami saja untuk mengatasi rambut rontok daripada Anda harus melakukan perawatan salon yang mahal yang belum tentu menyelesaikan masalah. Cobalah beberapa tips mudah berikut di rumah dan lihatlah seberapa efektifnya tips-tips ini untuk mengurangi kerontokan rambut.

1. Perawatan minyak panas
Ambil minyak alami - zaitun, kelapa, canola - dan rebus hingga hangat-hangat kuku. Pijat dengan lembut pada kulit kepala Anda. Bungkus kepala Anda lalu biarkan selama satu jam, lalu silahkan keramas.

2. Jus alami
Anda bisa menggosok-gosok kulit kepal Anda dengan jus bawang putih, jus bawang atau jus jahe. Biarkan semalaman dan cuci pada pagi harinya hingga bersih.

3. Pijatan kepala
Memijat kulit kepala selama beberapa menit setiap hari akan membantu merangsang sirkulasi. Sirkulasi yang baik di kulit kepala akan membuat folikel rambut menjadi aktif. Sirkulasi dapat ditingkatkan dengan pijatan yang menggunakan beberapa tetes minyak esensial lavender yang diteteskan pada minyak wijen.

4. Antioksidan
Gosok-gosokkan teh hijau hangat (dua kantong yang diseduh dalam satu gelas air) pada kulit kepala Anda dan biarkan campuran ini selama satu jam dan kemudian bilas. Teh hijau mengandung antioksidan yang mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Pilih salah satu saja dari 4 tips diatas, lalu lakukan hal dibawah ini :

5. Makan makanan yang bernutrisi
Rambut Anda mengambil nutrisi dari makanan. Jika Anda hanya memakan makanan yang tidak sehat, maka rambut tidak akan mendapatkan nutrisi apapun dan cenderung menjadi bercabang atau rontok. Makanlah ikan dan protein yang kaya akan asam amino dan lemak esensial. Pilihlah sayuran segar berwarna hijau tua, kacang-kacangan seperti almond dan kenari akan memberikan nutrisi yang sehat bagi rambut Anda dan akan mencegah kerontokan.

6. Menghindari pemandian air panas
Asupan air sangat penting bagi kesehatan rambut. Namun air yang terlalu panas dapat merusak akar rambut.

7. Olahraga
Olahraga sangat penting untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Latihan fisik tidak hanya meningkatkan metabolisme, mengontrol berat badan dan kesehatan secara umum, tapi juga meningkatkan kualitas dan tekstur rambut dan kulit.

8. Latihan meditasi
Percaya atau tidak, kebanyakan penyebab rambut rontok adalah stres dan ketegangan. Meditasi dapat membantu mengurangi stres dan ketegangan, dan mengembalikan keseimbangan hormonal.

Selain karena stres dan ketegangan, kerontokan rambut juga disebabkan karena hormon DHT (dihydrotestosterone). Folikel rambut yang secara genetik sensitif terhadap DHT akan menyusut dan akhirnya mengakibatkan rontoknya rambut. DHT merupakan turunan kimia dari hormon testosteron (hormon pada pria). Testosteron dikonversi menjadi DHT dengan bantuan enzim yang dikenal dengan 5 alpha reductase. Dengan menjalankan cara alami mengatasi rambut rontok di atas, efek DHT juga akan berkurang.

[Foto : www.topfashionsites.net]

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.