22 Januari 2014

Manfaat yang Anda Peroleh dari Berhenti Merokok

Dilarang merokok

Berhenti merokok merupakan tantangan besar dalam hidup Anda. Ketika sudah berhenti merokok, Anda akan merasakan perubahan besar pada fisik dan jiwa Anda. Di hari pertama dan hari kedua berhenti merokok, tubuh Anda akan membuang semua gas beracun karbon monoksida yang ditemukan di dalam asap rokok. Dampak baiknya dari pengeluaran racun karbon monoksida ini, kadar oksigen dalam darah akan meningkat dan ini akan membuat kulit Anda terlihat lebih bagus dan membuat Anda lebih bertenaga.

Semua sudah tahu dampak buruk merokok, diantaranya akan menyempitkan pembuluh darah, sehingga darah akan mengalir lebih lancar ketika Anda sudah berhenti merokok. Jika seseorang memiliki sirkulasi darah yang buruk katakanlah akibat merokok, maka jari tangan dan jari kakinya kurang bisa merasakan dingin.

Manfaat Berhenti Merokok

Berikut manfaat dari berhenti merokok. Kami uraikan manfaatnya mulai dari menit, jam, hari dan tahun dari berhenti merokok.


Waktu setelah berhenti merokok Apa yang terjadi
Setelah 20 menit Tekanan darah dan denyut nadi menjadi normal, sirkulasi darah meningkat.
Setelah 8 jam Tingkat karbon monoksida dalam darah turun.
Setelah 48 jam Karbon monoksida dari asap rokok dan nikotin hilang sama sekali dari tubuh.
Setelah 2 sampai 3 hari Dahak di tenggorokan berkurang atau hilang sama sekali, bernapas lebih plong.
Setelah 5 sampai 7 hari Indera perasa dan penciuman akan meningkat, napas menjadi lebih segar, gigi lebih bersih dan tubuh lebih bertenaga.
Setelah 2 sampai 3 minggu Gejala ketagihan akan berhenti dan risiko penggumpalan darah berkurang.
Setelah 4 minggu Batuk, hidung buntu dan kesulitan bernapas akan hilang, tidak mudah lelah dan lebih banyak energi. Paru-paru lebih tangguh untuk melawan infeksi.
Setelah 2 sampai 3 bulan Fungsi paru-paru meningkat hingga 5 persen
Setelah 1 tahun Risiko terkena penyakit kardiovaskular berkurang setengahnya.
Setelah 2 sampai 3 tahun Risiko untuk terjangkit pneumonia berat atau flu sudah sama seperti orang yang bukan perokok. Risiko terkena penyakit jantung, nyeri dada (angina) dan stroke turun jauh.
Setelah 5 tahun Risiko terkena penyakit tenggorokan, esofagus, dan kanker kandung kemih turun hingga 50%.
Setelah 5 sampai 10 tahun Risiko terkena penyakit kardiovaskular dan trombosis (penggumpalan darah) sama seperti orang yang bukan perokok.
Setelah 10 tahun Risiko terkena kanker paru-paru hilang setengahnya. Risiko osteoporosis juga menurun.
Setelah 15 sampai 20 tahun

Risiko paru-paru, tenggorokan, esofagus atau kanker kandung kemih sudah sama seperti orang yang bukan perokok. Tapi tetap saja perokok berat (20 batang perhari) memiliki risiko terkena kanker paru-paru dua kali lipat semasa hidupnya.

Manfaat Lain Berhenti Merokok

Stres berkurang

Begitu seseorang sudah berhenti merokok, dalam beberapa bulan kedepan mereka kurang menderita stres. Ada bukti yang menunjukkan bahwa nikotin jauh dari membantu menghilangkan stres, bahkan sebaliknya menyebabkan stres pada perokok. Rasa nyaman ketika menghisap rokok diklaim hanyalah sugesti.

Lebih banyak memiliki waktu

Ketika Anda sudah berhenti merokok, Anda akan memiliki waktu ekstra. Banyak orang tidak berpikir soal banyaknya waktu dan energi yang dihabiskan ketika ia mulai harus membeli rokok dan akivitas merokoknya itu sendiri.

Lebih optimis

Ketika menemui kesukaran, para mantan perokok cenderung bersikap lebih optimis dibandingkan saat ia masih merokok. Mereka selalu berusaha mencari jalan keluar dari masalahnya itu.

Mampu mengontrol diri

Salah satu hal tersulit untuk berhenti merokok adalah belajar bagaimana menahan keinginan untuk merokok. Ketika pertama kali berhenti merokok, Anda akan merasa stres dan keinginan untuk menghisap rokok memuncak, tetapi ingatlah bahwa efek ini akan hilang hanya dalam hitungan menit.

Keinginan untuk merokok ibarat otot tubuh yang digunakan, setelah Anda berhenti menggunakan otot itu, maka otot akan kembali mengecil. Dengan belajar mengatasi keinginan untuk merokok, tanpa disadari Anda telah melatih diri untuk disiplin dan mengontrol diri. Ini termasuk latihan yang keras.

Pribadi baru

Berhenti merokok akan mengungkap aspek-aspek baru dari kepribadian Anda. Banyak mantan perokok yang memiliki sikap yang lebih baik dalam mengatasi stres, marah, senang atau bosan.

Kegagalan dalam Berhenti Merokok

Kebanyakan perokok mencoba beberapa kali untuk berhenti merokok sebelum akhirnya mereka berhasil. Rata-rata mereka membutuhkan hingga lima kali usaha berhenti merokok. Sangat penting untuk menguatkan tekad untuk tidak merokok lagi.

Berhenti merokok adalah suatu proses belajar di mana Anda secara bertahap menemukan situasi dan emosi untuk proses pembelajaran. Jangan berkecil hati jika usaha berhenti merokok Anda gagal. Analisalah apa yang terjadi sehingga Anda tidak lagi membuat kesalahan di waktu berikutnya.

Tanyakan pada diri Anda sendiri mengenai penyebab mengapa Anda kembali menghisap rokok:
  • Apa yang saya lakukan ketika muncul keinginan untuk merokok?
  • Dengan siapa saya saat itu?
  • Bagaimana suasananya?
  • Darimana saya mendapatkan rokok itu?
  • Mengapa saya mengambil mengambil sebatang rokok itu?
Selalu ada sesuatu yang bisa dilakukan daripada harus merokok. Silahkan temukan solusi dari pertanyaan-pertanyaan tersebut agar Anda tidak lagi terdorong untuk menghisap rokok.

Article Resources
  • Kredit gambar: westchesterdish.com