Penyebab Bayi Terbangun di Malam Hari

Sunday, July 12, 2015
Banyak orangtua yang mengeluhkan bayinya yang sering bangun dan menangis di tengah malam. Memang hal sulit untuk membuat bayi tertidur sepanjang malam. Namun sebenarnya tidak sulit pula untuk mencari tahu mengapa bayi terbangun dimalam hari.

Pada umumnya, bayi terbangun di malam hari adalah karena lapar atau merasa dingin atau terlalu hangat. Pasangan yang baru memiliki bayi seringkali merasa kesulitan dan bingung dalam mencari tahu mengapa bayi mereka selalu terbangun dan menangis di tengah malam. 

Jika Anda ingin mengetahui apa yang menyebabkan bayi terbangun di malam hari, maka tidak ada jawaban yang mutlak. Anda harus mencari tahu dari beberapa kemungkinan penyebabnya hingga akhirnya Anda menemukan jawaban yang tepat. Berikut ini adalah daftar penyebab bayi terbangun dan menangis di malam hari.

Lapar

Bayi memiliki lambung atau perut yang masih kecil. Bayi makan dan minum dalam jumlah yang sedikit dan mereka mencerna makanan mereka dengan cepat. Bayi yang minum ASI kemungkinan akan lebih sering terbangun di malam hari ketimbang bayi yang meminum susu formula. Tentu saja hal ini bukanlah hal buruk, ini terjadi karena ASI akan dicerna oleh perut bayi dengan sangat cepat.

Berguling (berubah posisi)

Umumnya bayi lebih suka tidur disisinya (samping). Seringkali mereka berguling berubah posisi di saat tidur dan akhirnya terbangun dan menangis karena merasa tidak nyaman. Anda hanya perlu mengembalikan lagi posisinya dan kembali menidurkannya.

Terlalu panas atau terlalu dingin

Bayi sangat sensitif terhadap suhu. Jika bayi Anda merasa dingin, dia akan bangun dan menangis. Ini juga terjadi ketika mereka merasa terlalu panas. Jika bayi Anda kepanasan, biasanya kepala mereka akan berkeringat.

Kolik

Kolik akan membuat bayi selalu terbangun dan menangis di malam hari karena ketidaknyamanan di perutnya. Perut bayi yang kolik sering mengandung gas (anginan) dan selalu terbangun karena rasa sakit atau tidak nyaman ini.

Tumbuh gigi

Ketika bayi tumbuh gigi gusi mereka dipaksa terluka dan gatal sebagaimana gigi yang berusaha menembus gusi. Itulah mengapa bayi sering terbangun dan menangis di malam hari ketika mereka tumbuh gigi.

Siklus tidur

Siklus tidur bayi berbeda dengan siklus tidur orang dewasa. Tubuh mereka belum terbiasa tidur selama 8 jam di malam hari. Lambat laun, mereka akan terbiasa.

Inilah beberapa penyebab mengapa bayi terbangun dan menangis di malam hari. Ketika bayi sakit, mereka mungkin juga akan membuat Anda begadang. Jadi bersiaplah untuk kemungkinan ini.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.