Mata Berair dan Belekan Pada Bayi

Thursday, February 23, 2017
Belekan - Saluran air mata tertutup

Bayi umum mengalami mata berair dan belekan. Kondisi ini biasanya terjadi akibat saluran air mata bayi yang belum berkembang atau terbuka sepenuhnya. Sekitar 1 dari 5 bayi yang lahir, saluran air matanya belum bekembang sepenuhnya. Kondisi ini dapat mempengaruhi satu atau kedua belah mata.

Air mata berfungsi menjaga agar mata tetap basah yakni dengan mengairi kedua bola mata sepanjang waktu. Yang memproduksi air mata adalah kelenjar lakrimal yang terletak di atas masing-masing mata. Air mata akan mengalir ke saluran yang mengarah ke hidung. Pada bayi yang baru lahir, saluran ini seringkali tidak terbuka sepenuhnya sehingga air matanya menumpuk di mata.

Kondisi mata berair dan belekan ini bukanlah kondisi serius yang mengancam kesehatan mata bayi, dan Anda hanya perlu membersihkannya. Kondisi ini akan hilang dengan sendirinya seiring berkembangnya saluran air matanya. Namun mata berair pada bayi dapat mudah muncul kembali ketika bayi mengalami demam atau flu, sebagaimana saluran air matanya yang baru terbuka mudah sekali tersumbat. Jarang mata berair pada bayi disebabkan oleh kondisi-kondisi mata lainnya.

Perawatan

Masalah mata berair pada bayi akan hilang dengan cepat ketika saluran air mata bayi telah berkembang sepenuhnya. Perkembangannya biasanya terjadi dalam beberapa minggu, tetapi pada sebagian bayi dapat memakan waktu hingga beberapa bulan.

Jika terdapat belekan, bersihkan dengan kapas/cotton bud yang dibasahi dengan air steril hangat saat matanya terpejam. Pemijatan dengan lembut pada saluran air mata setiap beberapa jam juga dapat membantu. Ini akan membantu saluran air mata untuk berkembang. Tekan dengan lembut dan hati-hati pada bagian luar sisi hidungnya (dari atas ke bawah). Jika Anda tidak yakin atau takut, sebaiknya tanyakan ke dokter.

Jika mata bayi tetap berair atau belekan lebih dari 3 bulan, sebaiknya bawa ke dokter. Dokter akan memutuskan apakah perlu melakukan pengobatan atau tidak. Ini juga untuk menghilangkan kekhawatiran Anda. Atau jika kurang dari 3 bulan namun kondisi mata bayi Anda memburuk sehingga menyebabkannya tertekan atau tidak nyaman, silahkan bawa bayi Anda ke dokter.

Jika menurut dokter mata berair dan belekan bayi Anda memang disebabkan oleh saluran air matanya yang belum berkembang, biasanya dokter tidak memberikan pengobatan. Anda hanya disarankan untuk menunggu dan melakukan perawatan sendiri di rumah.

Jika hingga usia 12 bulan saluran mata bayi tidak kunjung terbuka. Biasanya dokter akan merujuk bayi Anda ke dokter spesialis mata. Di dokter spesialis mata, ada prosedur tindakan untuk membuka saluran mata yang belum berkembang. Sebuah alat kecil yang sangat kecil dan halus dimasukkan ke saluran mata untuk membukanya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Kondisi mata berair adakalanya juga menyebabkan bola mata bayi menjadi sedikit kemerahan, ini merupakan bentuk peradangan ringan dan biasanya tidak perlu diobati dan akan sembuh dengan sendirinya.

Mata yang lengket dapat berkembang menjadi konjungtivitis (infeksi mata). Konjungtivitis adalah suatu peradangan pada mata yang membuat mata menjadi merah, sakit, dan gatal.  Mata akan meradang dan mungkin bayi menggosok matanya. Konjungtivitis bukanlah kondisi serius, tapi harus diobati oleh dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat tetes mata antibiotik untuk mengatasinya. Cuci tangan dengan bersih sebelum menggunakn obat tetes mata pada bayi.

Saran-saran

Bayi tidak dapat mengungkapkan apa yang mereka rasakan langsung secara verbal, tapi kita bisa melihat tanda-tandanya. Anda boleh merawat bayi Anda sendiri dirumah jika kondisi bola mata mereka putih dan bersih, belekannya tidak berlebihan dan berwarna putih atau kekuning-kuningan, dan mereka tidak terganggu karena kondisi tersebut.

Anda harus segera ke dokter apabila:
  • Mata bayi meradang atau merah.
  • Kelopak matanya bengkak.
  • Warna belekannya kuning atau kehijau-hijauan.
  • Bayi Anda terlihat menggosok mata mereka atau mereka tampak sakit atau tidak nyaman.
  • Bayi Anda tidak mau membuka mata atau mereka silau terhadap cahaya.
  • Bentuk mata atau kelopak mata Anda tampak tidak seperti biasanya.


Referensi:
-http://www.babycentre.co.uk/x554824/one-of-my-babys-eyes-is-watery-and-sticky-whats-causing-this
-http://www.choosewellmanchester.org.uk/self-care/self-care-information-about-children/infants-watery-or-sticky-eyes/
-http://www.livestrong.com/article/501421-watery-eyes-in-infants/

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua konten di Medkes hanya untuk tujuan informasi dan tidak boleh dijadikan dasar untuk mendiagnosis atau membuat rencana pengobatan untuk setiap kondisi indvidual. Medkes tidak bertanggung jawab atas penggunaan konten tersebut. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai masalah kesehatan yang mungkin Anda atau orang lain miliki. Gambar-gambar yang dimuat di dalam Medkes adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.