Kalkulator Kehamilan : Prediksikan Persalinan Anda

Tuesday, November 05, 2013
Tanggal persalinan tidak bisa diprediksi dengan tepat, bahkan meskipun kita mengetahui kapan tanggal pembuahan. Namun, metode perkiraan berdasarkan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) sudah digunakan secara universal oleh para profesional medis di seluruh dunia untuk menentukan tanggal pembuahan Anda.

Kalkulator kehamilan dibawah ini bisa Anda jadikan patokan untuk memperkirakan kapan bayi Anda akan lahir. Masukkan tanggal Hari Pertama Haid Terakhir Anda dan jika lupa tanggal tepatnya, maka hitung saja sedekat mungkin.


KALKULATOR KEHAMILAN
Kapan Hari Pertama Haid Terakhir Anda?



Perkiraan tanggal persalinan Anda:

Tandai kalender Anda, karena inilah beberapa tonggak kunci kehamilan.

KEHAMILAN
2 Minggu
Anda sudah mengandung.
Dokter mulai menghitung kehamilan sejak Hari Pertama Haid Terakhir, jadi pada saat pembuahan, usia kehamilan Anda adalah 2 minggu.
4 Minggu
Tes kehamilan positif.
Mulai minggu ke-4 dan berikutnya, hasil tes kehamilan adalah positif
10 Minggu
Detak jantung bayi Anda.
Pada kunjungan prenatal berikutnya, Anda sudah bisa mendengar detak jantung bayi Anda untuk pertama kalinya.
14 Minggu
Kabarkan kehamilan Anda.
Periode berisiko dalam kehamilan sudah usai, sekarang silahkan kabarkan kehamilan Anda.
15 Minggu
Bayi Anda melihat cahaya.
Bayi Anda sekarang sudah dapat melihat cahaya (melalui kelopak mata yang masih menyatu/menutup) dan mungkin akan merespon seandainya Anda menyinarkan cahaya (senter) ke perut.
16 Minggu
Laki-laki atau perempuan?.
Pada periode ini Anda sudah bisa mengetahui jenis kelamin bayi Anda (dengan USG)
18 Minggu
Ada yang bermain bola.
Pada minggu ini kemungkinan besar Anda sudah bisa merasakan tendangan bayi Anda. Jika belum, mungkin dalam 4 minggu kedepan.
19 Minggu
Mendengar suara.
Sekarang bayi Anda sudah bisa mendengar suara, jadi jangan ragu untuk berbicara dengannya. Sungguh indah.
27 minggu
Bayi Anda mulai bernapas.
Paru-paru bayi Anda memang belum sempurna, namun seandainya bayi Anda lahir pada periode ini, paru-parunya akan tetap berfungsi meskipun dengan bantuan medis.
32 minggu
Memiliki kuku.
Kuku-kuku pada jari-jari tangan dan kakinya sangat kecil.
37 Minggu
Bayi Anda siap dilahirkan
Bayi Anda sudah siap untuk hidup di luar rahim, namun untuk beberapa lama sang bayi akan terus tinggal disana, untuk menambah berat badan.
40 minggu
Bayi Anda lahir ke dunia.

Kehamilan

Fakta Kehamilan

Secara medis, 40 minggu adalah lama usia kehamilan yang lazim. Ingat setiap bulan lamanya bukan 4 minggu, tapi bisa 4,5 minggu. Karena jumlah minggu dalam bulan bervariasi, maka kehamilan yang diukur dengan minggu akan jauh lebih akurat.

Kehamilan manusia umumnya berlangsung selama 280 hari atau 40 minggu sejak Hari Pertama Haid Terakhir. Bila di jaman dulu hitungan lamanya kehamilan adalah 10 bulan (biasanya patokan melihat bulan di langit), namun untuk kalender modern sekarang usia kehamilan adalah 9 bulan 7 hari. Pembuahan terjadi (mengingat siklus menstruasi rata-rata 28 hari) sekitar 14 hari setelah HPHT. Dengan demikian, durasi sebenarnya dari kehamilan manusia adalah 280-14 = 266 hari.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.