5 Olahraga Sederhana Untuk Kesehatan Jantung

Advertisement
Olahraga untuk kesehatan jantung

Tidak perlu menjadi atlet yang selalu berolahraga berat dan memiliki jadwal ketat untuk mendapatkan jantung yang sehat. Bentuk olahraga sederhana pun juga bisa menghindarkan dari kemungkinan terserang penyakit jantung secara signifikan dan menurunkan risiko terkena serangan jantung. Percayalah, olahraga sederhana bisa meningkatkan stamina, kekuatan dan fleksibilitas tubuh. Apapun jenis olahraga yang kita lakukan pasti akan memberikan dampak baik untuk kesehatan jika dilakukan dengan benar.

Khusus untuk kesehatan jantung, para ahli jantung merekomendasikan jenis olahraga aerobik medium dengan durasi 150 menit dalam seminggu atau olahraga berlari selama 75 menit dalam seminggu. Untuk memenuhi jumlah durasi olahraga, setiap orang bisa melakukan kombinasi dari lebih dari satu jenis olahraga.

Latihan kardiovaskular atau aerobik memang adalah aktivitas yang meningkatkan kecepatan detak jantung dan juga melebarkan saluran pernapasan. Namun, tidak hanya semua jenis olahraga aerobik yang baik untuk jantung, ada lima jenis olahraga sederhana yang juga memberikan dampak positif kesehatan maksimal untuk kesehatan jantung.

Di bawah ini adalah 5 olahraga sederhana yang memberikan dampak maksimal untuk kesehatan jantung.

1. Jalan cepat
Olahraga jalan cepat ini bisa dilakukan dimana saja, baik di treadmill ataupun di jalan. Jalan cepat merupakan cara alami untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Jenis olahraga yang mudah dan murah ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, seperti saat berangkat ke tempat kerja atau keliling komplek perumahan atau sekitar rumah.

2. Lari
Jenis olahraga yang lebih menantang dibandingkan berjalan cepat ini, aman dilakukan siapa saja karena tubuh manusia sudah disiapkan untuk bisa berlari. Selain bisa membuat jantung sehat, olahraga lari juga bisa membakar kalori. Untuk pelari pemula, awali dengan jalan cepat lalu selingkan dengan lari 1-2 menit di setiap 5 menit jalan cepat. Jika sudah terbiasa, maka Anda tidak perlu lagi melakukan jalan cepat diantara lari.

Tips lari yang benar untuk kesehatan:
  • Lengan digoyangkan dekat tubuh dengan membentuk sudut 90° berlawanan dengan sudut kaki pada sisi yang sama.
  • Pinggul tetap dan stabil.
  • Pergelangan kaki pada posisi stabil sementara bagian kaki lainnya rileks.
  • Saat menghentakkan kaki ke lantai, yang menyentuh pertama adalah kaki bagian depan.
  • Pundak pada posisi stabil atau diam tidak bergerak-gerak selama lari.
  • Mata fokus menghadap ke depan.
  • Dada diangkat dan sedikit condong ke arah depan.

3. Renang
Jenis olahraga ini bisa meningkatkan detak jantung dan meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, dan dengan tekanan tertentu bisa menguatkan otot-otot tertentu. Olahraga renang ini bisa dipilih jika Anda memiliki masalah dengan kaki yang tidak bisa jalan cepat atau lari.

4. Bersepeda
Jenis olahraga sederhana untuk persendian dan berjenis low-impact ini juga melatih jantung untuk bekerja lebih kuat, dan keuntungan lainnya adalah mengencangkan otot-otot tubuh bagian bawah.

5. Olahraga kombinasi
Olahraga dengan mengkombinasikan lari dengan jalan cepat. Selain jantung bertambah sehat, otot-otot tubuh akan menjadi lebih kuat dan stamina terbentuk.
Semua konten di Medkes hanya untuk tujuan informasi dan tidak untuk dijadikan dasar dalam mendiagnosis atau membuat rencana pengobatan. Hubungi profesional medis untuk diagnosis dan pengobatan Anda. Lihat Disclaimer