Pastikan Lipstik Anda Aman Digunakan

Thursday, April 02, 2015
LIpstik
Pemakaian lipstik tidak hanya memberikan tampilan menarik pada bibir, tapi di balik itu lipstik juga dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Meskipun tidak semua lipstik, ada beberapa lipstik yang mengandung bahan kimia yang justru membahayakan tubuh.

Lipstik yang dijual di pasaran banyak yang mengandung zat pewarna dan bahan berbahaya lainnya. Produk-produk lipstik ini bahkan dijual bebas di pasaran. Akibatnya, wanita-wanita yang memiliki bibir sensitif akan mengalami alergi, kemerahan, gatal, perih, serta bibir pecah-pecah selama menggunakannya.

Tapi tentu saja tidak semua lipstik mengandung bahan kimia berbahaya. Bagi wanita yang sensitif, menggunakan lipstik berbahan kimia berbahaya dapat menimbulkan gejala alergi tersebut. Sedangkan bagi wanita yang bibirnya tidak sensitif namun tetap memakai lipstik yang mengandung bahan kimia berbahaya, hal itu juga patut diwaspadai.

Tidak ada cara rumahan untuk mengetahui apakah suatu lipstik yang tidak berlabel BPOM mengandung bahan kimia berbahaya atau tidak, karena pemeriksaan ini hanya bisa dilakukan di laboratorium. Tapi secara tidak langsung, pemakaian lipstik dengan bahan kimia berbahaya secara terus-menerus dapat mengakibatkan kanker kulit dan gangguan ginjal. Karena bahan kimia berbahaya tersebut dapat diserap tubuh dan masuk ke aliran darah dan menuju organ-organ vital tubuh Anda.
Cukupi nutrisi bibir dengan cara mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang mengandung vitamin C, vitamin E, dan Zinc
Untuk itu, selalulah gunakan lipstik yang berlabel BPOM agar tidak membahayakan kulit bibir dan kesehatan Anda. Anda dapat mengecek apakah suatu produk memang benar terdaftar di BPOM dengan mengunjungi  website BPOM. Selain itu, belilah lipstik di tempat-tempat yang terpercaya demi menghindari produk lipstik palsu.

Umumnya, wanita menggunakan lipstik untuk menutupi bibirnya yang kering, yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti karena bekerja di dalam ruangan ber-AC. Di ruangan AC, kulit dan bibir gampang sekali kering, padahal bibir sangat membutuhkan kelembaban.

Maka dari itu, agar bibir tetap sehat dan tidak kering, seorang wanita harus pintar merawat kesehatan dan mencukupi nutrisi bibir dengan cara mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang mengandung vitamin C, vitamin E, dan Zinc. Kesemua vitamin dan mineral tersebut akan membantu regenerasi sel kulit mati. Anda juga dapat menggunakan lip balm atau lip glossy untuk menjaga bibir tetap lembab.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.