Perbedaan Antara Tumor dan Kanker

Friday, March 20, 2015
Tumor dan kanker adalah dua istilah yang sangat ditakuti orang-orang. Ketika mendengar seseorang yang terkena tumor atau kanker, seringkali muncul asumsi bahwa orang tersebut tidak dapat lagi disembuhkan atau akan segera meninggal dunia.

Banyak orang yang panik ketika mereka tahu bahwa mereka mengidap tumor. Mereka berpikir bahwa mereka sudah menderita kanker yang mematikan. Di sisi lain, banyak pula orang yang tidak mendapatkan perawatan medis yang tepat karena menganggap benjolan yang dideritanya hanyalah sesuatu yang ringan, padahal itu kanker.

Untuk memperjelas hal ini, penting untuk diketahui bahwa sebenarnya tumor tidak selalu identik dengan kanker. Tumor adalah suatu kondisi dimana terjadi pertumbuhan sel yang abnormal sehingga membentuk lesi, atau dalam banyak kasus muncul benjolan di satu atau beberapa bagian tubuh. Sedangkan kanker merupakan kondisi degeneratif dimana terjadi pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan menyebar/menginvasi jaringan dan organ sekitar (metastasis) di dalam tubuh.

Perbedaan tumor dan kanker

Perlu dicatat bahwa tidak semua tumor adalah kanker. Ada jenis tumor jinak, yang pertumbuhannya hanya terbatas pada bagian tubuh tertentu. Ketika berubah menjadi tumor ganas, maka itu disebut dengan kanker. Hal ini berarti bahwa pertumbuhan primer dari tumor dapat menyebabkan pertumbuhan-pertumbuhan sekunder lainnya sehingga menyerang bagian-bagian penting tubuh.

Anda juga harus tahu bahwa tidak semua kasus kanker ditandai dengan pertumbuhan tumor. Kanker darah (leukemia) misalnya, tidak menunjukkan keberadaan tumor. Namun, bila Anda memiliki tumor, akan lebih baik untuk menjalani biopsi - pengambilan sampel tumor untuk diperiksa di laboratorium - untuk menentukan apakah tumor tersebut jinak atau ganas.

Tumor dapat dengan mudah diangkat melalui pembedahan (operasi) dan biasanya jaringan kambuh kembali. Di sisi lain, kanker memerlukan perawatan intensif yang lama. Perawatan untuk kanker mungkin terdiri dari operasi, kemoterapi, dan terapi radiasi (radioterapi). Baik kanker maupun tumor, keduanya harus segera ditangani. Namun kebanyakan tumor tidak mengancam nyawa, sementara kanker adalah kondisi serius yang harus segera mendapatkan perawatan medis intensif.

Kesimpulan: Tumor dan kanker tidaklah sama. Tumor bisa bersifat jinak dan tidak berkembang menjadi kanker atau tidak menyebar ke bagian lain tubuh. Sedangkan kanker adalah kondisi keganasan, terjadi pertumbuhan dan penyebaran sel yang abnormal dan tidak terkendali.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua konten di Medkes hanya untuk tujuan informasi dan tidak boleh dijadikan dasar untuk mendiagnosis atau membuat rencana pengobatan untuk setiap kondisi indvidual. Medkes tidak bertanggung jawab atas penggunaan konten tersebut. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai masalah kesehatan yang mungkin Anda atau orang lain miliki. Gambar-gambar yang dimuat di dalam Medkes adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.