Kebutuhan Vitamin A, C, dan D pada Anak-Anak

Sunday, February 08, 2015
Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, terutama yang makanannya tidak bervariasi (beragam) seringkali kekurangan vitamin A dan C. Juga, sulit untuk mendapatkan cukup vitamin D hanya dari makanan saja.

Itulah sebabnya mengapa para ahli merekomendasikan pemberian suplemen berupa vitamin tetes yang mengandung vitamin A,C, dan D untuk anak usia enam bulan hingga lima tahun. Namun mengenai butuh tidaknya anak Anda dengan vitamin tambahan atau suplemen vitamin apa yang cocok untuknya sebaiknya jangan menentukannya sendiri, mintalah saran kepada dokter.

Vitamin D

Vitamin D terkandung secara alami hanya di dalam beberapa jenis makanan saja, seperti ikan berminyak dan telur. Vitamin D juga ditambahkan ke dalam beberapa makanan seperti sereal sarapan. Sumber terbaik vitamin D adalah sinar matahari, namun anak-anak tidak boleh terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari. Tapi, meskipun seorang anak kerap terpapar sinar matahari, para ahli tetap menyarankan pemberian vitamin tambahan.

Seluruh anak yang berusia enam bulan hingga lima tahun dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen harian yang mengandung vitamin D dalam bentuk vitamin tetes, demi tercapainya angka kebutuhan harian vitamin D untuk anak usia di usia ini yaitu antara 7 - 8,5 mikrogram. Namun, bayi yang diberikan susu formula tidak perlu diberikan vitamin tetes hingga mereka makan susu formula kurang dari 500 ml dalam sehari, karena susu formula sudah diperkaya dengan vitamin D. Jika saat ini Anda tengah menyusui dan selama kehamilan tidak mengonsumsi suplemen vitamin D, juga disarankan untuk memberikan tetes vitamin bayi yang mengandung vitamin D untuknya saat berusia satu bulan. Bicarakan hal ini lebih lanjut dengan dokter.

Vitamin A

Vitamin A sangat penting bagi bayi dan anak-anak, dan bisa saja kebutuhan mereka akan vitamin ini kurang terpenuhi. Vitamin A akan memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka, membantu penglihatan saat cahaya redup, dan menjaga kesehatan kulit.

Sumber terbaik vitamin A antara lain: wortel, ubi jalar, lobak, mangga, bayam, brokoli, dan produk olahan susu.

Vitamin C

Vitamin C penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan umum seorang anak. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Sumber terbaik vitamin C, antara lain: buah jeruk, buah kiwi, buah stroberi, brokoli, tomat, dan lada

Jika anak Anda mengonsumsi suplemen vitamin, selalu patuhilah dosis seperti yang tertera pada label atau sesuai dengan yang disarankan dokter, karena mengonsumsi beberapa jenis vitamin terlalu banyak dapat berbahaya. Selain itu, jangan memberikan dua jenis suplemen di waktu yang sama, misalnya, tidak memberikan minyak ikan kod dengan vitamin tetes, karena minyak ikan kod juga mengandung vitamin A dan D.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.