Cara Menenangkan Bayi yang Menangis

Sunday, December 14, 2014
 Bayi menangis

Teknik yang menghibur cukup efektif untuk menenangkan bayi yang menangis, tentunya jika bukan disebabkan oleh rasa sakit. Teknik ini juga dapat membuat tenang bayi yang mengalami kolik, hal ini karena kolik tidak menyebabkan rasa sakit. Tetapi jika tangisan bayi terdengar tidak normal, atau ia tampak merasakan sakit, ada baiknya hubungi dokter.

Yang pertama harus dilakukan untuk meredakan tangisan bayi adalah memastikan bahwa bayi Anda tidak dalam keadaan lapar. Bayi yang masih sangat muda umumnya tidak banyak menyusui dan akan  segera lapar dalam satu atau dua jam setelah menyusui. Jika memang tangisan tersebut karena lapar, tentu bayi akan tenang ketika Anda susui.

Di bawah ini adalah beberapa teknik yang dapat menenangkan bayi yang menangis:
  • Berikan ia dot untuk dihisap. Kegiatan menghisap dapat membantu bayi meredakan stres, yang akhirnya akan membuatnya berhenti menangis.
  • Cobalah ayun bayi Anda. Ayun perlahan bayi, atau dengan menggunakan ayunan.
  • Bernyayi atau bersenandunglah dengan lembut kepada bayi atau mainkan musik (bisa dari handphone) dengan volume kecil. Terkadang bayi menjadi tenang ketika mendengar lagu atau musik yang sama yang dinyanyikan berulang-ulang.
  • Nyalakan sesuatu yang mengeluarkan suara monoton, seperti kipas angin yang berdengung, vacum cleaner, atau mesin pengering pakaian. Terkadang juga, sebuah perangkat atau alat bergetar yang ditempelkan ke tempat tidur si bayi (yang menghasilkan getaran lembut yang dirasakan bayi) akan menenangkan tangisan bayi.
  • Peluk dan dekap bayi Anda dengan penuh kasih sayang. Sentuh, pegang dan berbicaralah dengan lembut kepadanya, hal ini dapat menenangkan tangisannya. Anda juga bisa membawanya beraktivitas (dengan gendongan) agar bayi mendapatkan hiburan dan menjadi dekat dengan Anda.
  • Selimuti bayi Anda, tapi pastikan agar tidak membuatnya terlalu hangat.
  • Jika ia suka mandi, mandikan ia dengan air hangat.
  • Cobalah ajak ia berjalan-jalan atau bawa ia menggunakan kereta dorong atau mobil. Terkadang berjalan di luar dapat membuat suasana hatinya menjadi tenang.
Gunakan dulu satu teknik selama 1-2 menit. Jika tidak berhasil, ganti ke teknik lain. Jika bayi terus menangis selama 20-30 menit, ubah lokasi dan coba lagi. Bila Anda berhasil menemukan teknik yang efektif untuk meredakan tangisan bayi Anda, jadikan teknik tersebut sebagai teknik pertama yang Anda coba ketika bayi Anda menangis di lain waktu.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.