Apa Itu Tekanan Darah?

Advertisement
Tekanan darah adalah salah satu ukuran penting yang akan memberikan gambaran singkat mengenai kesehatan Anda sekarang dan di masa depan, bahkan seringkali dianggap sebagai faktor ukuran yang terpenting.

Singkatnya, tekanan darah adalah ukuran kekuatan pembuluh darah, yang mendistribusikan nutrisi ke seluruh tubuh yang akhirnya membuat Anda tetap hidup. Memahami apa dan bagaimana tekanan darah merupakan hal yang sangat penting dan juga apa yang harus dilakukan agar tekanan darah Anda turun atau tetap berada di level normal.

Tekanan darah diukur dari dua parameter, yaitu:
  1. Tekanan sistolik (systolic pressure) atau tekanan darah saat jantung Anda berdenyut (memompa).
  2. Tekanan diastolik (diastolic pressure), tekanan darah di saat jantung Anda beristirahat.
 Klasifikasi tekanan darah untuk dewasa
Kategori Sistolik, mmHg Diastolik, mmHg
Hipotensi
< 90
  atau < 60
Normal
90 - 119
dan 60 - 79
Pre-hipertensi
120 - 139
  atau 80 - 89
Hipertensi tingkat I
140 - 159
  atau 90 - 99
Hipertensi tingkat II
≥ 160
  atau ≥ 100
* Bayi dan anak-anak secara normal memiliki tekanan darah yang jauh lebih rendah daripada dewasa

Risiko hipertensi (tekanan darah tinggi)

Tekanan darah yang tinggi akan menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan arteri. Kesembuhan akibat kerusakan ini tidak pernah sempurna, biasanya masih meninggalkan lokasi yang berpotensi untuk terbentuknya timbunan plak. Yang akan terjadi adalah Aterosklerosis, jalur beredarnya darah semakin menyempit dan menciptakan lingkungan yang buruk yang akan berisiko timbulnya penyakit-penyakit kardiovaskular.


Arteri normal dan arteri menyempit

Akibat kerusakan arteri ini, tekanan darah tinggi akan menyebabkan stroke, serangan jantung, gagal jantung, aneurisma arterial, dan gagal ginjal kronis.

Agar tekanan darah tetap normal

Yang pertama Anda harus lakukan adalan menentukan jenis olahraga yang mampu Anda lakukan dan bisa Anda lakukan secara kontinyu. Bahkan jenis olahraga yang ringan sekalipun bila rutin dilakukan maka akan efektif dalam menurunkan tekanan darah, membantu menurunkan berat badan, yang kita ketahui menjadi faktor lain yang bisa menurunkan tekanan darah.

Dalam hal konsumsi makanan, yang terbaik adalah mengurangi atau menghentikan konsumsi alkohol dan nikotin. Meningkatkan konsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan lainnya yang mengandung serat larut yang akan membantu menghindarkan pembuluh darah dari terbentuknya plak. Selanjutnya, dari sisi psikologis, cobalah untuk menikmati hidup dan hindari stres.
Semua konten di Medkes hanya untuk tujuan informasi dan tidak untuk dijadikan dasar dalam mendiagnosis atau membuat rencana pengobatan. Hubungi profesional medis untuk diagnosis dan pengobatan Anda. Lihat Disclaimer