6 Makanan yang Membuat Mata Anda Sehat

Friday, June 06, 2014
Makanan sehat untuk mata

Agar tetap sehat, seseorang tentu harus menjaga pola hidup sehat dan gaya hidup yang aktif. Kebiasaan ini akan membuat jantung menjadi sehat, tulang kuat, dan tubuh proporsional yang jauh dari risiko penyakit. Namun tidak hanya sampai disitu, pola dan gaya hidup sehat juga memberikan manfaat besar bagi penglihatan atau mata Anda. Semua orang menginginkan mata yang sehat dan normal hingga ke masa tua, disaat orang lain sudah terkena katarak atau penyakit mata lainnya.

Penyakit mata seperti katarak, mata kering dan penyakit-penyakit mata lainya sebenarnya bisa dicegah hanya dengan membiasakan mengonsumsi beberapa jenis makanan sederhana. Berikut ini adalah beberapa makanan terbaik untuk menjaga kesehatan mata Anda:

1. Wortel

Wortel menjadi nomor satu dari daftar ini. Wortel sangat berguna untuk menjaga daya penglihatan yang sempurna. Sayuran berwarna orange ini kaya akan beta karoten (karoten sebenarnya berasal dari kata 'carrot' yang berarti wortel) dan antioksidan untuk memerangi penyakit mata degeneratif seperti penyakit katarak dan makula.

Wortel bisa Anda tambahkan ke dalam masakan, tapi jika Anda tidak suka dengan wortel yang masih utuh atau padat, maka Anda bisa mengolahnya menjadi jus. Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar suplemen dan minuman sehat untuk anak-anak mengandung jus wortel. Tidak perlu takut kehilangan khasiatnya, wortel bisa dimasukkan ke dalam sup, semur, salad, saus atau masakan lainnya.

2. Paprika

Paprika merupakan sumber vitamin C yang baik, elemen penting untuk menjaga kesehatan mata. Paprika juga kaya akan antioksidan dan vitamin lainnya yang akan  membuat penglihatan Anda tetap normal. Paprika dapat dikonsumsi dalam bentuk salad, saus, dimasak dalam semur, atau dicampurkan dalam masakan dari olahan daging. Paprika juga bisa dimasak dengan cara dipanggang dan ditambahkan ke sup.

3. Daging Unggas - Ayam dan Kalkun

Daging unggas juga merupakan bahan makanan penting untuk menjaga kesehatan mata. Daging unggas (ayam dan kalkun) mengandung zinc, kalium, protein dan zat besi yang merupakan elemen kunci yang akan mempertahankan kenormalan penglihatan Anda. Zinc merupakan mineral penting yang ditemukan dalam retina dan mengaktifkan produksi enzim untuk menjaga kesehatan mata. Sedangkan zat besi akan membantu melawan degenerasi mata, menjaga mata Anda tetap sehat sampai usia lanjut. Daging unggas juga mengandung vitamin, seperti vitamin B, niasin, dan vitamin E. Vitamin-vitamin ini sangat penting dalam memerangi penyakit katarak dan penyakit mata lainnya.

4. Bayam

Bayam mengandung hampir semua vitamin, namun komponen kuncinya adalah vitamin C, lutein, zeaxanthin, dan beta karoten. Selain itu, bayam merupakan konsentrat tinggi dari antioksidan yang akan membantu Anda memerangi degenerasi makula. Zeaxanthin dan lutein akan menambah kepadatan pigmen di daerah makula, yang berfungsi sebagai tabir surya alami bagi mata, menyerap 40 sampai 90 persen sinar spektrum cahaya biru yang membahayakan mata.

5. Ubi jalar

Anda mungkin tidak menyangka bila ubi jalar kaya akan beta karoten. Beta karoten menjadi elemen utama pada ubi jalar yang akan membuat mata Anda terus sehat. Ubi jalar dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dipanggang, digoreng atau ditambahkan dalam masakan. Murah, enak dan menyehatkan, itulah ubi jalar.

6. Ikan - Salmon dan Sarden

Pada umumnya ikan memiliki kadar lemak sehat omega 3 yang tinggi, yang penting untuk kesehatan. Tapi kadar lemak sehat omega 3 pada ikan salmon dan sarden jauh lebih besar dari jenis ikan lainnya, yang akan membuat mata Anda tetap sehat. Lemak sehat omega 3 bekerja dengan cara melindungi pembuluh darah kecil yang mengelilingi dan tertanam disekitar bola mata. Cobalah untuk mengonsumsi setidaknya 6 ons ikan salmon atau sarden setiap hari, maka Anda akan merasakan manfaatnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.