10 Fobia Aneh Tapi Nyata

Tuesday, April 29, 2014
http://www.medkes.com/2014/04/10-fobia-aneh-tapi-nyata.html

Berbicara secara biologis, fobia akan mudah sekali muncul karena mengalami peristiwa traumatis atau bersinggungan secara terus menerus dengan sesuatu atau peristiwa. Di bawah ini adalah 10 fobia yang aneh namun nyata keberadaanya di dunia. Kita pun bertanya-tanya, bagaimana mungkin orang-orang dengan fobia seperti ini menjalani kehidupannya.

Fobia Aneh 1: Barophobia

Barophobia atau takut gravitasi. Pengidap fobia yang satu ini memiliki ketakutan bahwa gaya atau tarikan gravitasi bumi akan mencelakakan mereka. Mereka juga takut apabila gravitasi tidak ada lagi, maka mereka akan mengambang di muka bumi.

Fobia Aneh 2: Geliophobia

Geliophobia adalah ketakutan terhadap tawa. Mereka takut apabila mendengar tawa orang lain, atau bahkan tawa dirinya sendiri. Seperti halnya fobia yang lain, gejalanya bervariasi mulai dari sesak napas atau napas cepat, denyut jantung tidak teratur, berkeringat, mual, rasa cemas yang ekstrem, perasaan gemetar yang tidak terkendali dan ketidakmampuan untuk mengartikulasikan kata-kata atau kalimat.

Fobia Aneh 3: Caligynephobia

Ada fobia yang disebut dengan gynephobia, yaitu takut pada perempuan. Sedangkan caligynephobia adalah ketakutan yang berbeda, yaitu ketakutan terhadap wanita cantik; setidaknya perempuan yang dianggap cantik oleh penderita caligynephobia. Tidak bisa kita bayangkan apa yang terjadi pada orang seperti ini ketika menonton acara-acara yang menampilkan wanita cantik.

Fobia Aneh 4: Omphalophobia

Apa Anda merasa takut bila pusar Anda disentuh Anda sendiri atau keluarga Anda? Mungkin Anda menderita omphalophobia. Banyak orang yang menderita omphalophobia akan merasa jijik, gemetar, dan cemas setiap kali dia atau orang lain menyentuh pusarnya. Bisa juga si penderita akan mual dan cemas setiap kali melihat gambar pusar.

Fobia Aneh 5: Philophobia

Philophobia tampaknya adalah fobia yang sangat kejam, yaitu takut jatuh cinta. Biasanya fobia ini terjadi karena di masa lalu seseorang itu pernah mengalami hubungan yang rusak, yang akhirnya berujung pada ketakutan berlebih untuk patah hati lagi. Pada orang-orang normal, kejadian ini biasanya memang meninggalkan trauma dan merasa tak ingin lagi menjalin hubungan. Namun lambat laun bisanya orang normal tersebut mulai melupakannya dan bangkit kembali seiring waktu. Namun berbeda dengan penderita philophobia, mereka akan selamanya menghindari mencari pasangan, bahkan situasinya bisa bertambah parah hingga menghindari kontak dengan semua manusia.

Fobia Aneh 6: Phronemophobia

Orang yang menderita phronemophobia takut berpikir. Khususnya lagi, mereka takut sendirian dengan pikiran mereka. Mereka merasa jika ada pikiran-pikiran tertentu yang masuk ke kepala mereka, maka mereka tidak berdaya untuk menghentikannya. Penderita phronemophobia akan banyak menghabiskan waktu dengan menyibukkan diri untuk mengalihkan mereka dari berpikir.

Fobia Aneh 7: Thaasophobia

Thaasophobia diklasifikan sebagai takut duduk, meskipun ada juga penafsiran lainnya yang mengklasifikasikannya sebagai takut tidak melakukan apa-apa. Jika duduk secara fisik adalah penyebab kecemasannya, hal ini mungkin karena duduk dianggap akan menyakitkan tubuh mereka. Mereka yang menderita fobia ini tidak memiliki pilihan karir yang banyak, dan sekolah (duduk) tampaknya akan menjadi momok yang mengerikan bagi mereka.

Fobia Aneh 8: Papaphobia

Orang yang menderita Papaphobia takut akan Paus (pemimpin umat Nasrani). Kondisi ini sering dikaitkan dengan hierophobia, yaitu takut dengan orang-orang atau benda suci, dan juga ecclesiophobia, yaitu takut pada tempat beribadah atau agama.

Fobia Aneh 9: Xerophobia

Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air, sehingga dalam istilah biologi, air identik dengan kehidupan. Namun pemahaman ini menjadi berlebih pada orang-orang dengan xerophobia yang takut akan kekeringan. Orang-orang ini akan menghindari daerah beriklim kering, selalu menggunakan pelembab dan krim secara berlebihan, dan terus minum banyak cairan. Mereka juga mungkin akan menunjukkan reaksi buruk ketika melihat orang yang memiliki kulit, bibir atau rambut kering.

Fobia Aneh 10: Pantophobia

Fobia yang satu ini bukan fobia spesifik dan memang tidak masuk sebagai fobia dalam referensi medis. Pantophobia adalah takut akan segalanya. Pantophobia juga disebut sebagai panophobia atau omniphobia. Pantophobia sulit dijabarkan secara psikologis langsung, namun dapat merujuk kepada fobia non spesifik, atau hanya pengertian umum mengenai ketakutan terhadap segala sesuatu.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.