Kalkulator Masa Subur: Cara Tepat untuk Memperoleh Kehamilan

Monday, March 03, 2014
Masa subur adalah masa diantara siklus menstruasi seorang wanita dimana pada masa itu sel telur milik wanita sudah matang dan menunggu untuk dibuahi sperma. Berhubungan intim pada masa subur ini kemungkinan besar akan terjadi kehamilan.

Sperma membuahi sel telur
Sperma membuahi sel telur. Gambar: pinkfamilies.com
Umumnya siklus menstruasi (jarak antara menstruasi bulan sebelumnya dengan menstruasi bulan berikutnya) akan terjadi setiap 28 hari, dan masa subur biasanya adalah pada hari ke 11 hingga hari ke 16 sejak HPHT (hari pertama haid terakhir).

Masa subur sendiri diklasifikasikan menjadi masa subur biasa dan puncak masa subur. Puncak masa subur akan terjadi pada hari ke 13 atau hari ke 14 sejak HPHT. Sedangkan masa subur diluar dua hari tersebut adalah masa subur biasa. Kedua masa tersebut kemungkinan akan terjadi kehamilan bila berhubungan intim, namun yang berkemungkinan lebih besar adalah pada puncak masa subur.

Agar mudah menentukan kapan masa subur dan kapan waktu terbaik untuk Anda berhubungan intim agar memperoleh kehamilan, berikut kami sediakan kalkulator masa subur.

Kalkulator Masa Subur

Cari tahu kapan masa subur Anda dan hamil dengan cepat dengan menggunakan kalkulator masa subur di bawah ini. Masukkan data pada formulir di bawah ini untuk membantu menentukan masa subur terbaik Anda.

Hari pertama haid terakhir:

Rata-rata siklus haid:




Bagaimana bila Anda memiliki siklus haid yang tidak teratur? Yang harus Anda lakukan adalah mencatat panjang siklus haid minimal selama 6 siklus atau 6 bulan. Dan cara menghitungnya adalah jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan makan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Dan jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, maka akan diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut.

Contoh: Dari 6 siklus haid yang Anda catat, terdapat siklus yang terpanjang dan terpendek masing-masing 31 hari dan 26 hari. Selanjutnya 31-11=20 dan 26-18=8. Hasil sudah diperoleh, dan masa subur Anda berkisar antara hari ke-8 hingga hari ke-20.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.