Ingin Kulit Sempurna? Konsumsi Makanan ini Setiap Hari

Thursday, March 27, 2014
Anda sudah capek menggunakan produk-produk kecantikan mahal namun hasilnya tidak memuaskan? Sudah waktunya bagi Anda untuk menyingkirkan semua produk-produk kecantikan yang tidak efektif dan mulailah memakan makanan yang berguna untuk kesehatan kulit. Berikut 8 makanan yang bisa Anda konsumsi setiap hari untuk mendapatkan kulit yang sempurna.

8 makanan sehat untuk kulit


1. Coklat
Coklat menjadi makanan favorit banyak orang. Coklat banyak mengandung antioksidan, asam lemak dan flavanol yang akan membuat kulit lebih bercahaya. Antioksidan yang terdapat dalam coklat akan membantu menghilangkan sifat kasar pada kulit Anda, sekaligus melindunginya dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari. Selain itu, coklat akan merilekskan arteri dan meningkatkan sirkulasi darah yang mengalir ke kulit yang pada akhirnya menjadikan kulit Anda lebih sehat.

2. Ikan salmon
Ikan salmon diketahui sangat baik dalam melawan stres, kecemasan dan depresi. Salmon juga akan memenuhi kebutuhan harian vitamin D Anda. Dan seperti yang sudah Anda ketahui, vitamin D berfungsi menjaga kesehatan jantung, tulang, usus dan otak Anda. Vitamin D juga membantu mencegah kanker usus besar, kecemasan, depresi, penyakit jantung dan penyakit tulang.

Salmon juga kaya akan asam lemak Omega-3 yang sangat baik mengatasi peradangan, keriput dan jerawat. Kadar Omega-3 yang tinggi pada salmon juga membantu melembabkan kulit Anda mulai dari dalam hingga ke lapisan kulit paling luar. Selain itu, salmon juga menjadikan rambut Anda lebih sehat.

3. Minyak kelapa
Minyak kelapa merupakan salah satu sumber lemak jenuh terkaya dengan sekitar 90% kalori. Minyak kelapa mengandung asam laurat, agen anti bakteri dan antivirus yang berguna untuk melawan serangan virus, infeksi, peradangan dan jerawat. Minyak kelapa juga kaya akan asam lemak esensial dan vitamin E, yang sangat baik menjaga kelembutan, kelembaban dan menghindari kerutan pada kulit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minyak kelapa dapat digunakan sebagai krim tubuh dan dikonsumsi sebanyak 1 sendok makan setiap hari. Minyak kepala juga baik untuk tiroid Anda. Ditambah lagi adanya bukti yang menyatakan bahwa minyak ini akan membantu menurunkan berat badan.

4. Teh hijau
Teh hijau merupakan sumber antioksidan dan asam amino, dan L-theanine yang akan membuat tubuh Anda rileks dan menurunkan tingkat stres. Teh hijau juga dapat mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi. Untuk hasil maksimal, Anda dapat mengonsumsi 3 gelas teh hijau setiap hari.

5. Bayam
Bayam adalah makanan sehat dan kaya nutrisi yang sebaiknya Anda selalu konsumsi. Bisa jadi Anda membenci bayam, tapi ketahuilah bahwa bayam merupakan makanan yang kaya akan zat besi, folat, klorofil, vitamin E, magnesium, vitamin A, serat, protein nabati, dan vitamin C. Karena bayam mengandung antioksidan, vitamin A, E dan C, maka bayam dipastikan bagus untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit Anda.

6. Seledri
Makanan lain yang bisa menjadikan kulit Anda sempurna adalah seledri. Banyak dari kita yang meremehkan jenis sayuran yang satu ini, namun diketahui bahwa seledri mengandung vitamin K yang membuat sirkulasi darah normal dan membantu mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi. Seledri juga akan mengurangi tingkat stres Anda, dan seperti yang Anda ketahui bahwa kondisi stres dapat menyebabkan kulit menjadi buruk, migrain dan bahkan kanker.

Seledri juga mengandung sodium, kalium dan air, yang dapt membantu terhindar dari dehidrasi. Bila kulit dehidrasi maka akan menjadi kering, mengelupas, berkeriput dan bahkan tumbuh jerawat. Jika Anda mengkhawatirkan jumlah kalori yang terkandung di dalam seledri terkait dengan program penurunan berat badan, jangan khawatir, kalori pada seledri sangat rendah.

7. Pepaya
Selain enak dimakan, pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Pepaya sedikit sekali mengandung kalori (hanya 39 kalori per 100 gram) dan juga tidak mengandung kolesterol. Jadi jika Anda dalam program menurunkan berat badan, pepaya tidak akan akan merusak program Anda meskipun dikonsumsi setiap hari.

Pepaya mengandung fruktosa yang sangat baik untuk pencernaan. Nutrisi antioksidan yang juga ditemukan di dalam pepaya, termasuk vitamin C dan E dan Beta-karoten bermanfaat besar untuk mengurangi peradangan jerawat. Selain itu, vitamin C juga dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari.

8. Wortel
Manfaat wortel tidak hanya untuk kesehatan mata Anda, tetapi juga untuk kulit Anda. Wortel sangat baik membersihkan jerawat. Wortel yang kaya akan vitamin A akan membantu mencegah kelebihan produksi sel pada lapisan luar kulit. Kelebihan produksi sel-sel akan menyumbat pori-pori. Vitamin A yang terdapat pada wortel juga akan mengurangi risiko Anda terkena kanker kulit.

Mana diantara makanan diatas yang akan Anda konsumsi? Terserah. Anda juga tidak perlu memakan semuanya setiap hari. Pilih saja salah satu, dan diikuti oleh jenis makanan lain di lain hari. Yang tak kalah penting, untuk mendapatkan kulit yang sehat, hindari makanan-makanan yang mengandung banyak gula, lemak dan karbohidrat olahan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.