6 Manfaat Utama Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Tuesday, March 25, 2014
Jeruk nipis

Kita tentu tahu bahwa setiap hari harus minum minimal 8 gelas. Sejak dulu kita sudah mendengar nasehat ini dari ahli kesehatan. Air akan membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, membantu upaya penurunan berat badan, sekaligus menjaga otot, dan diperlukan dalam proses kerja ginjal dan usus.

Jika Anda ingin lebih meningkatkan kesehatan di luar minum 8 gelas air sehari, maka Anda mungkin perlu menambahkan sesuatu dalam air minum, yaitu jeruk nipis. Jeruk nipis yang diseduh dalam keadaan hangat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat 1: Jeruk nipis membantu proses pencernaan
Menurut ajaran tradisional Ayurveda, pengobatan tradisional India, salah satu hal terbaik yang perlu Anda lakukan untuk menjaga sistem pencernaan tetap kuat dan semua organnya bekerja dengan baik adalah dengan meminum air jeruk nipis hangat di pagi hari. Jeruk nipis diyakini akan merangsang dan memurnikan hati. Selain itu, jeruk nipis juga dapat bertindak sebagai bantuan untuk asam klorida di dalam perut yang bertanggungjawab untuk mencerna makanan.

Dengan meminum air jeruk nipis hangat di pagi hari, perut dalam Anda akan menjadi lebih rileks dan luwes gerakannya. Jeruk nipis akan membantu meningkatkan gerakan peristaltik perut yang berguna untuk menyerap zat bermanfaat dan mengeluarkan limbah hasil pencernaan.

Manfaat 2: Jeruk nipis menyeimbangkan pH
Banyak makanan yang kita makan cenderung membuat tubuh menjadi lebih asam, dan faktanya lingkungan yang asam merupakan ladang subur bagi penyakit untuk berkembang biak. Di sisi lain, lingkungan alkalis akan membuat penyakit mudah berkembang dan menyebar. Dan ternyata jeruk nipis yang berasa asam ini bila dikonsumsi maka akan mem-basa-kan tubuh Anda. Asam pada jeruk nipis sesungguhnya adalah asam sitrat dan asam askorbat yang mudah sekali dimetabolisme tubuh. Sedangkan zat dari jeruk nipis yang tersisa dari proses metabolisme adalah mineral, yang bermanfaat untuk membantu mencegah perkembangan penyakit.

Manfaat 3: Jeruk nipis meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Seperti sepupu mereka jeruk, jeruk nipis mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Vitamin antioksidan ini tidak hanya terkenal manfaatnya dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, tetapi juga sebagai anti inflamasi untuk memerangi penyakit yang disebabkan peradangan seperti asma. Di saat musim penghujan dan flu mewabah, jeruk nipis merupakan teman baik bagi Anda. Jeruk nipis mengandung suatu zat yang disebut saponin yang memiliki sifat anti mikroba yang membantu Anda tetap sehat atau terhindar dari penyakit meskipun orang-orang di dekat Anda batuk dan bersin.

Manfaat 4: Jeruk nipis membantu penyerapan zat besi
Rendahnya kadar zat besi di dalam tubuh merupakan masalah umum bagi vegan dan vegetarian yang mana mereka tidak mengonsumsi daging. Dengan mengonsumsi jeruk nipis, tubuh Anda akan lebih mudah menyerap zat besi. Zat besi tidak hanya penting untuk sistem kekebalan tubuh, tetapi juga membantu sel-sel darah merah dalam mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Jika Anda sering merasa lemas atau lelah, maka itu bisi menjadi pertanda Anda kekurangan zat besi, dan salah satu solusinya adalah dengan mengonsumsi jeruk nipis dan tentunya dibarengi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Manfaat 5: Jeruk nipis membuat kulit menjadi bersih dan cerah
Sekali lagi, vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis diyakini memainkan peran besar dalam mencerahkan dan membuat kulit Anda tampak bersih. Vitamin C membantu meningkatkan produksi kolagen, yang mana hilangnya kolagen akan membuat kulit Anda terlihat tua. Dengan mengonsumsi vitamin C melalui jeruk nipis, artinya Anda sudah membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin C juga memerangi radikal bebas yang menyebabkan timbulnya penuaan.

Jeruk nipis juga membantu mendetoksifikasi tubuh karena efeknya yang membantu pekerjaan hati. Bila hati kurang bekerja optimal, maka racun tidak tersaring dan salah satu akibatnya adalah timbulnya jerawat. Jika Anda  bisa menyingkirkan racun hanya dengan meminum air jeruk nipis setiap hari, mengapa tidak dilakukan?

Manfaat 6: Jeruk nipis mempercepat proses penyembuhan
Juga masih terkait dengan vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis yang membuat Anda tetap sehat dan menjaga kulit Anda terlihat cerah dan bersih, Vitamin C juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, vitamin C juga sangat penting bagi kesehatan tulang, otot dan jaringan ikat. Ketika organ-organ dan jaringan-jaringan tubuh Anda kuat, maka tubuh Anda memiliki kemampuan penyembuhan yang cepat.

Cukup sampai disini saja manfaat jeruk nipis? Tidak, Jeruk nipis juga membantu masalah kadar gula darah, alergi dan hingga masalah jantung. Atau Anda bisa simak artikel kami tentang manfaat jeruk nipis untuk pengobatan.

Namun satu catatan penting yang harus diperhatikan orang-orang yang menderita gangguan lambung, terutama maag, jeruk nipis berpotensi membuat perut anda perih. Tapi Anda dapat mulai mengonsumsi air jeruk nipis dengan takaran yang sedikit, amati dan perhatikan reaksinya, bila tidak ada masalah, silahkan Anda lanjutkan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.