6 Makanan Yang Membuat Anda Lebih Pintar

Monday, March 31, 2014
Ikan tuna

Kesehatan, kecantikan, bahkan suasana hati kita sangat tergantung dari apa yang kita konsumsi sehari-hari. Itulah sebabnya penting sekali untuk memperhatikan makanan-makanan apa saja yang masuk ke perut kita. Apakah Anda tahu bahwa ada beberapa makanan yang dapat menjadikan Anda lebih pintar? Dengan memakan makanan ini, aktivitas otak Anda akan meningkat dan hari-hari Anda akan penuh dengan konsentrasi.

Jika saat ini Anda merasakan kemampuan berpikir Anda menurun, ada baiknya mempertimbangkan makanan yang Anda konsumsi selama ini. Semua tahu bahwa makanan cepat saji akan berdampak buruk bagi kesehatan, terkhusus lagi akan berdampak buruk bagi otak. Itulah sebabnya mengapa kita perlu untuk memakan makanan yang kaya akan protein, serat, antioksidan dan vitamin secara teratur. Karena hanya dengan cara ini otak Anda akan ternutrisi dengan baik. Berikut 6 makanan yang apabila Anda konsumsi dalam jumlah yang cukup akan meningkatkan kinerja otak Anda.

1. Ikan
Berbagai penelitian telah dilakukan, dan menunjukkan bahwa orang-orang yang sering mengonsumsi ikan kurang mengalami masalah kesehatan seperti demensia. Demensia adalah penurunan fungsional yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak. Jika Anda meningkatkan asupan ikan, otak Anda akan bekerja lebih giat ketika Anda sedang berpikir atau mengingat.

2. Coklat
Cukup sulit menemukan orang yang tidak menyukai coklat. Anda mungkin akan terkejut dengan fakta yang mengatakan bahwa makanan yang lezat ini akan meningkatkan kekuatan otak dan membantu tubuh Anda bekerja lebih efisien. Tidak hanya coklat dalam bentuk keras/batangan, Anda juga dapat memperoleh manfaatnya dari minuman/susu coklat. Minuman coklat sangat cocok bagi orang yang sudah tua karena akan meningkatkan aliran darah otak dan mempertahankan memori alias mencegah kepikunan.

3. Telur
Mungkin Anda tidak mengira bahwa telur sangat direkomendasikan oleh para ahli untuk dikonsumsi setiap hari. Telur merupakan sumber yang luar biasa dari klorin. Klorin diperlukan untuk memperkuat aktivitas otak dan memori Anda. Para ilmuwan mengklaim bahwa konsentrasi klorin yang tinggi pada telur akan membantu Anda terhindar dari risiko perubahan otak yang menyebabkan demensia.

4. Teh hijau
Jika Anda termasuk orang yang susah bangun pagi dan membutuhkan tambahan energi, maka secangkir teh hijau akan membuat otak Anda bekerja lebih baik. Dengan meminum teh hijau, banyak antioksidan yang masuk ke tubuh Anda yang mana diperlukan untuk menghasilkan neuron. Ditambah lagi ada masih banyak lagi nutrisi lain yang terkandung dalam teh hijau yang membuatnya sangat efektif mengatasi penyakit degeneratif dan masalah kehilangan memori.

5. Kopi
Kopi dianggap sebagai salah satu minuman yang membuat ketagihan. Jika sudah ketagihan, kopi tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Namun jika hanya dikonsumsi sekali-kali, maka tidak masalah. Kopi akan membuat tubuh Anda kembali berenergi dan bersemangat, khususnya akan meningkatkan kerja otak Anda.

6. Air
Kurangnya air di dalam tubuh sangat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, Anda harus selalu memenuhi asupan air untuk mencegah dehidrasi. Jika mengalami dehidrasi, Anda akan kesulitan dalam memusatkan perhatian dan membuat Anda sulit mengingat beberapa informasi. Minum air minimal 8 gelas setiap hari akan menjaga tubuh Anda terhindar dari dehidrasi sekaligus memaksimalkan kerja otak Anda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.