Wanita Lebih Rentan Terhadap Infeksi Ginjal

Wednesday, February 26, 2014
Infeksi ginjal merupakan salah satu jenis dari infeksi saluran kemih (ISK) yang merambat hingga ke ginjal. Saluran kemih manusia terdiri dari ginjal, kandung kemih dan sampai ke saluran uretra.

Diagram saluran kemih
Dalam dunia medis, infeksi ginjal disebut sebagai pyelonephritis. Umumnya terjadi ketika bakteri masuk ke saluran kemih melalui uretra hingga akhirnya menyerang ginjal. Infeksi ginjal juga dapat berasal dari infeksi yang terjadi di bagian tubuh lain. Dimana, darah membawa infeksi tersebut sampai ke saluran kemih hingga sampai ke ginjal.

Jenis bakteri patogen (merugikan) itu banyak sekali. Namun sewajarnya di saluran kemih tidak ada bakteri. Sementara pada alat kelamin wanita, ada bakteri ogensal yang sama halnya dengan bakteri escherichia coli (E coli) yang terdapat pada tinja dan usus manusia.

Jika bakteri-bakteri ini tetap berada pada tempatnya, maka tidak akan menimbulkan gangguan. Jika bakteri E coli yang berada di usus masuk ke saluran kemih, maka bakteri tersebut akan menjadi bakteri patogen yang menimbulkan infeksi pada saluran kemih.

Sedangkan wanita memiliki risiko besar mengalami infeksi ginjal daripada laki-laki. Hal ini dikarenakan wanita memiliki uretra yang lebih pendek daripada laki-laki sehingga bakteri mudah mencapai kandung kemih, ureter dan selanjutnya ke ginjal.

Ada beberapa faktor risiko yang dapat memicu infeksi ginjal, diantaranya:
  • Kelainan bentuk ginjal.
  • Adanya batu di saluran kemih.
  • Kebiasaan sering menahan kencing.
  • Sering berada di daerah panas sehingga timbul dehidrasi.
Sedangkan gejala umum dari infeksi ginjal antara lain demam, nyeri pinggang, sering kencing, dan kencing tidak tuntas.

Pengobatan pyelonephritis atau infeksi ginjal dapat dimulai dengan melakukan kultur urine (salah satu jenis pemeriksaan laboratorium pada air kemih) untuk melihat jenis bakteri atau kuman yang menginfeksi ginjal sehingga dapat diberikan antibiotik yang tepat untuk membasminya.

Untuk pencegahan dari infeksi ginjal, yang terpenting dilakukan cukup dengan beberapa kebiasaan baik, yaitu tidak menahan kencing, membersihkan alat kelamin setelah buang air kecil/besar dengan benar yakni dengan membasuh dari depan ke belakang, bukan dari belakang ke depan, terutama pada wanita karena memiliki saluran kemih yang pendek.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.