04 Februari 2014

5 Khasiat Melati untuk Pengobatan

Melati

Nama ilmiah melati adalah Jasminum sambac, merupakan tanam perdu yang tumbuh menyemak dengan tinggi antara 0,3 hingga 3 meter. Melati berasal dari daratan Asia dan baik tumbuh di dataran rendah hingga dataran sedang.

Kandungan Melati

Melati mengandung asam format, asam asetat, asam benzoat, linalool, asam salicylat, benzyl linalool ester, methyl linalool ester, benzyl alcohol, indol, methyl anthranilate, sesquiterpene, sesquiterpenalcohol, phytol, isophytal, phytyalacetate, hexenyl benzoat, methyl palmitate, methyl linolenate, geranyl-linaloal dan jasmone.

Khasiat untuk Pengobatan

1. Digigit binatang atau bengkak

Ambil daun atau bunga melati secukupnya. Giling atau lumatkan hingga halus. Setelah itu, tempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

2. Mata meradang atau memerah

Petik dan rebus buang melati sebanyak 6 gram. Sebagian air rebusannya diminum dan sebagian lagi digunakan untuk membasuh mata.

3. Penguat rambut dan mempercepat tumbuh rambut

Siapkan 14 bunga melati, 6 daun mangkokan, 2 daun pandan wangi, 6 daun urang-aring, 1 cangkir minyak kelapa, 50 ml minyak wijen, 10 gram kemiri, 2 bunga mawar dan 4 liter air. Minyak kelapa dan minyak wijen dicampur dan dipanaskan. Dedaunan lainnya dan kemiri ditumbuk halus. Bunga dicacah kecil-kecil. Semua bahan lantas dicampurkan dan dipanaskan di atas api kecil selama 20 menit. Air rebusan disaring dan dinginkan sebelum dioleskan di kulit kepala sambil dipijat-pijat, Lakukan hal ini sehari 2 kali sebelum mandi.

4. Produksi ASI berlebihan

Produksi ASI yang berlebih merupakan anugerah dari yang maha kuasa. Hal ini patut disyukuri mengingat banyaknya ibu-ibu yang tidak memiliki ASI yang cukup untuk memberi makan bayinya. Namun bila produksi ASI berlebih ini memang mengganggu, maka ambil bunga dan daun melati secukupnya. Memarkan lalu tempelkan di sekitar payudara. Lakukan dengan menggantinya beberapa kali sehari.

5. Susah tidur atau insomnia

Ambillah akar melati sebanyak 1-1,5 gram, lalu cuci bersih. Tumbuk akar tersebut dan tambahkan air matang secukupnya, lantas disaring sebelum diminum.