Mencegah Kanker: 5 Cara Alami Meningkatkan Sel NK (Natural Killer)

Thursday, January 30, 2014
Natural killer cell atau sel pembunuh alami adalah sel darah putih (limfosit) yang mencari dan membunuh sel kanker atau sel yang bermutasi yang dapat membahayakan tubuh. Natural killer cell seringkali disebut dengan sel NK, sel-sel pembunuh ini merupakan bagian alami dari sistem kekebalan tubuh manusia.

Sepertiga dari populasi dunia berisiko mendapatkan kanker selama hidupnya. Fakta ini memacu kita agar meningkatkan sistem kekebalan alami tubuh untuk membunuh sel-sel kanker dan atau sel yang terinfeksi virus. Di bawah ini kami uraikan beberapa cara mudah untuk meningkatkan sel-sel NK.

Sel NK menyerang sel target
Sel NK menyerang sel target. (Gambar: Geoffrey Williams & Daniel M Davis via imperial.zc.uk)
Sel NK bersifat sitotoksik, artinya sel ini akan memberikan dampak buruk bagi sel kanker, namun baik bagi tubuh. Granula (butiran) kecil di sitoplasma sel NK mengandung protein yang disebut perforn dan protease (granzyme) yang membantu membunuh sel-sel yang tidak diinginkan tubuh.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makanan atau bahan alami tertentu dapat mengaktifkan sel-sel NK, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan alami tubuh untuk menyerang sel-sel kanker. Contohnya dengan mengkonsumsi teripang, teripang akan mengaktifkan sel-sel NK dan membunuh 95% sel-sel kanker dari berbagai jenis. Penelitian lain menyebutkan bahwa jamur ekor Turki (Trametes versicolor) akan meningkatkan jumlah dan aktivitas sel NK setelah dikonsumsi.

5 Cara Meningkatkan Sel NK

(Mengonsumsi teripang dan jamur ekor Turki untuk meningkatkan sel NK merupakan cara pertama dan kedua)

Berikut beberapa cara mudah untuk meningkatkan sel-sel NK sehingga kita bisa melawan kanker, salah satu penyakit terbesar sepanjang masa.

3. Konsumsi vitamin C. Vitamin C tidak hanya ampuh melawan pilek dan flu, tetapi juga mengaktifkan sel NK sehingga sistem kekebalan tubuh Anda seolah memiliki baju ekstra untuk melindungi Anda dari berbagai penyakit, termasuk kanker. The Journal of Immunology menegaskan bahwa vitamin C tidak perlu dikonsumsi secara berlebihan, cukup 1.000 mg setiap hari maka sudah cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Konsumsi vitamin E. Selain meningkatkan produksi sel-sel NK, vitamin E juga membantu produksi sel B yang juga digunakan oleh sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi dan untuk membunuh bakteri. Dosis vitamin E yang direkomendasikan adalah 60 mg per hari yang didapatkan dari kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak nabati. Pada lain kasus, asupan vitamin E yang memadai akan menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Konsumsi Beta karoten. Beta karoten ditemukan di dalam wortel, mengonsumsi Beta karoten akan meningkatkan sel-sel NK sehingga sistem kekebalan tubuh siap melawan berbagai penyakit. Makanan yang memiliki kadar Beta karoten tinggi, antara lain ubi jalar, lobak, bayam dan sawi.

Mudah bukan? Tanpa kita sadari, dengan mengkonsumsi makanan-makanan alami seperti itu kita sudah mencegah kanker. Jadi, tunggu apa lagi?

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.