Tempuyung untuk Kencing Batu dan Bisul

Sunday, November 10, 2013
Tempuyung

Tempuyung memiliki nama ilmiah Sonchus arvensis, sedangkan di beberapa daerah di Indonesia juga disebut sebagai gempur batu, galibug, jombang, jombang lala-kina, lempung, lampenas dan rayana. Tempuyung terdiri dari dua jenis, yaitu yang berukuran kecil disebut lempung, dan yang berukuran besar disebut rayana.

Tinggi tanaman tempuyung berkisar antara 0,6-2 meter, berbatang bulat, berongga, berusuk dan bergetah putih. Daun tunggalnya berbentuk lonjong atau lanset dengan panjang 6-48 cm dan lebar 3-12 cm. Untuk ciri lainnya bisa Anda temukan di situs lain.

Tempuyung banyak mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya alfa-lactocerol, beta-lactocerol, manitol, inositol, silika, kalium, flavonoid dan taraksasterol yang berkhasiat untuk :

1. Penyakit saluran kemih, batu empedu dan darah tinggi ringan
Ambil 5 lembar daun tempuyung dan cuci hingga bersih. Asapkan daun tersebut beberapa saat. Daun ini dimakan sebagai lalap lauk nasi.

2. Kencing batu
Keringkan 250 g daun tempuyung. Setelah itu, tambahkan 250 cc air dan rebus. Air rebusan diminum 3 kali sehari hingga penyakit sembuh. Selain itu, dapat juga dicoba resep berikut. Siapkan 5 lembar daun tempuyung, 5 lembar daun alpukat, 5 lembar daun sawi tanah, dan 2 jari gula aren. Cuci bersih semua bahan tersebut lalu rebus dengan 3 gelas air hingga air tinggal 2,25 gelas. Dinginkan air rebusan dan saringlah sebelum diminum. Sebaiknya diminum 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

3. Bisul
Ambil batang dan daun tempuyung lalu cuci hingga bersih. Giling atau tumbuk halus lalu diperas. Sisa tumbukan dan air perasannya dioleskan di bisul (kompres).

4. Khasiat lain
Rebuslah 15-60 gram daun tempuyung. Air rebusan yang diminum dipercaya mampu mengobati infeksi usus buntu, disentri dan wasir.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.