Mengapa Aktivitas di Luar Rumah Baik untuk Anak-anak?

Thursday, September 05, 2013
Berolahraga, bermain atau menghabiskan waktu di luar rumah merupakan bagian penting dari perkembangan yang baik untuk anak-anak. Tidak semua anak-anak mau ikut dalam sebuah olahraga/permainan tim yang terorganisir, maka dari itu orang tua atau guru sebaiknya selalu berupaya guna memastikan anak-anak ikut dalam kegiatan fisik atau menjelajahi alam.

Anak-anak bermain di luar

Apakah ini berarti si anak harus bergabung dengan tim sepakbola, atau menghabiskan waktunya untuk kamping? Tentus saja tidak, masih banyak permainan lain. Yang penting si anak bisa menuai manfaat dari olahraga/kegiatan atau permainan di luar rumah di saat masa kecilnya.

Kepercayaan dan teamwork

Salah satu keuntungan ikut dalam permainan tim adalah belajar bekerja secara tim dan membangun kepercayaan anak-anak untuk teman-temannya sekarang dan nanti. Permainan tim memang menjadi cara yang bagus agar anak-anak berinteraksi dengan teman-temannya dan belajar keterampilan sosial yang tentu akan berharga baginya kelak.

Melatih fisik

Mungkin manfaat yang paling jelas dari berpartisipasi dalam olahraga atau bermain di luar ruangan adalah kebugaran fisik. Kegiatan diluar rumah tentu akan melibatkan fungsi motorik besar dan membantu koordinasi fisik. Anak-anak yang melakukannya tidak hanya akan mendapatkan manfaatnya untuk saat ini saja, namun akan menjadikan mereka mengapresiasi kebugaran yang akan terus dibawanya dalam kehidupannya di masa-masa mendatang.

Percaya diri dalam menghadapi tantangan

Ada juga manfaat emosional bagi anak-anak yang ikut dalam olahraga atau menghabiskan waktu di luar rumah. Mereka biasanya akan mendapatkan tantangan yang akan membantu mengembangkan rasa percaya diri dan belajar tentang dunia yang "sesungguhnya". Mereka akan mengenal kemenangan atau kekalahan dan bagaimana menyikapinya.

Tidak hanya itu, rasa percaya diri mereka akan terdorong akibat mereka mendorong batas-batas kemampuan mereka sendiri. Berpartisipasi dalam olahraga dan kegiatan di luar ruangan juga akan memberikan anak-anak kesempatan mengenal bakat-bakat mereka. Dalam beberapa hal mungkin mereka tidak melakukannya dengan baik, dan itu OK saja, tetapi mereka akan mengetahui bakat alami yang mereka miliki di saat mereka unggul dalam suatu hal.

Sebuah penelitian dari National Institutes of Health menunjukkan adanya hubungan langsung antara harga diri dan berolahraga. Ada juga bukti yang mengaitkan obesitas dan kebiasaan menonton berlebihan pada anak-anak terkait rasa rendah diri. Ikut dalam olahraga atau bermain di luar ruangan adalah cara yang baik untuk membantu anak-anak mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan sekaligus menikmati waktunya jauh dari televisi.

Manfaat akademik dan intelektual

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang berpartisipasi dalam olahraga biasanya memiliki intelektualitas dan tampil lebih baik di sekolah. Studi menunjukkan bahwa program latihan semacam ini bisa mengembangkan mental. Olahraga akan membantu anak agar mampu menghadapi tantangan di sekolah dan diluar sekolah untuk sekarang dan di masa depan.

Apresiasi untuk alam

Pada akhirnya, menghabiskan waktu di luar rumah, baik untuk berolahraga secara tim atau bermain secara umum, akan mengajarkan anak-anak tentang nilai-nilai alam. Anak-anak yang menghabiskan waktu di luar rumah umumnya memiliki apresiasi yang lebih besar untuk berada di luar ruangan.

Selain untuk mengembangkan keterampilan motorik, kepercayaan diri, keterampilan sosial dan akademik, olahraga dan kegiatan di luar ruangan akan membantu anak-anak belajar mencintai alam sekitar mereka.

[Foto: nicktumminello.com]

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.