6 Khasiat / Manfaat Kunyit

Friday, July 12, 2013
Selain digunakan sebagai bumbu dapur, sejak dahulu kunyit diyakini memiliki banyak khasiat untuk pengobatan dan kesehatan. Kunyit juga dikenal sebagai antibiotik dan antiseptik alami untuk mengobati luka atau luka bakar.
Kunyit
Kandungan Kunyit
- Minyak asiri
- Phellandrene
- Sabinene
- Cineol
- Borneol
- Zingiberene
- Curcumene
- Turmeron
- Camphene
- Camphor
- Sesquiterpene
- Caprilic acid
- Methoxinnamic acid
- Tholymethy carbinol
dan mengandung zat warna yang mengandung alkoloid curcumin.

Manfaat /Khasiat Kunyit
1. Disentri
Ambil rimpang kunyit sebanyak 1-2 buah lalu rebus dengan dua gelas air bersama gambir dan kapur sirih secukupnya. Perebusan dilakukan hingga airnya tinggal 1 gelas, lalu saring dan minum airnya.

2. Haid yang tidak lancar
Ambil dua buah rimpang kunyit, 1/2 sendok ketumbar, 1/2 sendok teh biji pala, dan 1/2 genggam daun sri gading. Tumbuk semua bahan hingga halus. Tambahkan air 1 liter dan rebus hingga mendidih. Saring dan minum airnya 1 gelas sehari.

3. Amandel
Untuk amandel, ambil 1-2 rimpang kunyit, 1 buah jeruk nipis, dan 2 sendok madu. Parut rimpang kunyit, peras jeruk nipis dan ambil airnya. Campurkan bahan tersebut dengan madu dan 1/2 gelas air hangat. Aduk dan saringlah sebelum diminum secara rutin 2 kali sehari.

4. Borok atau koreng
Ambil sebuah rimpang kunyit dan parut lalu tambah dengan sedikit minyak kelapa. Ini dapat mengobati borok-borok atau koreng. Caranya, campur bahan tersebut, lalu bungkus dengan daun pisang dan panggang hingga panas. Oleskan atau tempelkan bahan tersebut pada bagian yang sakit.

5. Membasmi ketombe
Tumbuk rimpang kunyit yang agak besar. Setelah keluar airnya, gosokkan atau pijat sarinya agar mengenai kulit kepala. Biarkan sari kunyit ini mengendap di kulit kepala semalaman atau paling tidak beberapa jam. Setelah itu, cuci rambut.

6. Gigitan serangga dan terkena ulat bulu
Kunyit juga berguna untuk bengkak pada anggota tubuh karena digigit serangga atau karena terkena ulat bulu. Caranya, parutlah 2 rimpang kunyit, lalu tambahkan 1/4 sendok makan kapur sirih dan campur secara merata. Oleskan atau tempelkan bahan tersebut pada bagian yang terkena.

Kunyit juga berguna sekali mempercepat kesembuhan luka, misalnya luka yang mengalami infeksi dan luka bekas operasi. Caranya ambil rimpang kunyit yang besar, parut dan ambil airnya lalu minum. Namun sebaiknya sebelum melakukannya ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter untuk memastikan kunyit tidak akan mempengaruhi pengobatan yang diberikan oleh dokter.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.