Tips Menggunakan Lilin Aromaterapi

Wednesday, June 12, 2013
Lilin aromaterapi

Apa yang akan dengan cepat mengembalikan kenangan masa kecil, menghadirkan perjalanan imajinasi ke sebuah pulau tropis, atau hanya untuk sekedar memberikan aroma segar dari hutan pinus pada ruangan Anda? Jawabannya lilin aromaterapi. Bakar lilin ini, maka akan memberikan dimensi lain pada ruangan Anda.

Lilin aromaterapi hanya berapi kecil, namun minyak esensial herbal yang terkandung di dalamnya akan terus menyebar ke udara saat terbakar. Selanjutnya bahan kimia dalam minyak esensialnya akan masuk ke tubuh saat Anda bernapas, lalu mengalir keseluruh tubuh hingga ke otak melalui peredaran darah. Anda akan segera mendapatkan reaksi atau manfaatnya, sebagaimana bila bahan kimia lainnya berinteraksi dengan tubuh Anda. Namun jangan berharap akan mendapatkan kesembuhan yang cepat dengan menyalakan lilin aromaterapi, tetapi lilin aromaterapi akan memberikan manfat ganda yang sama halnya dengan aromaterapi konvensional hanya saja dalam takaran yang kurang terkonsentrasi (pekat).

Membakar lilin aromaterapi akan meningkatkan dan memperbaiki keadaan pikiran Anda, sekaligus untuk menambahkan sentuhan murni parfum alam pada lingkungan Anda. Menyenangkan dan akan mengobati stres.

Tips untuk Menggunakan Lilin Aromaterapi

Pastikan lilin yang Anda beli adalah benar-benar lilin aromaterapi, bukan lilin asal wangi. Setidaknya pada label ditemukan keterangan bahwa lilin itu mengandung "pure essential oils" (minyak esensial murni). Pilihlah lilin aromaterapi yang tepat untuk situasi Anda. Cara terbaik agar lilin aromaterapi sesuai dengan keinginan Anda tentu saja dengan membaca label pada kemasannya. Pastikan di label tertulis "keinginan" Anda.

Menyegarkan
Anda tiba di rumah dalam keadaan letih setelah seharian disibukkan di tempat kerja. Perlakukan diri Anda dengan baik, beristirahatlah sejenak dengan cahaya dan aroma lilin aromaterapi. Cahaya dan aromanya akan membuat Anda rileks dan segar kembali. Lilin aromaterapi yang menyegarkan biasanya mengandung campuran dari minyak mint atau jeruk. Minyak esensial mint antara lain spearmint, kemangi dan eucalyptus yang akan memberikan rangsangan yang cepat, revitalisasi dan pembangkit energi. Minyak esensial yang menyegarkan lainnya adalah cedar, rosemary, kayu manis, geranium, cassia dan vanili.

Relaksasi 
Terkadang perasaan gagal maupun perasaan berhasil akan membuat diri Anda merasa aneh. Nyalakan lilin aromaterapi pelepas stres, tarik napas dalam-dalam, biarkan pikiran Anda menghapusnya sendiri. Aromaterapi penghilang stres antar lain lavender, chamomile, nilam, geranium dan rose.

Konsentrasi
Gunakan lilin aromaterapi untuk meningkatkan konsentrasi ketika Anda harus memasuki kekuatan kreatif Anda. Minyak esensial jeruk akan membantu Anda berkonsentrasi yaitu lemon, jeruk, serai dan bergamot.

Romantis 
Anda merencakan malam yang romantis dengan seseorang yang spesial di rumah, dan Anda sudah mempersiapkan semuanya. Anda telah memasak makan malam, menaruh bunga, meja makan ditata sedemikian romantisnya, menaruh anggur dll. Tambahkan sentuhan akhir yaitu dengan lilin aromaterapi yang mengandung minyak esensial sensual seperti Ylang ylang, vanili, neroli, mawar, clary sage dan kayu cendana.

Tak ada salahnya juga Anda menggunakan lilin aromaterapi untuk acara-acara khusus atau bahkan untuk tempat usaha Anda. Siapa lagi yang akan memberikan Anda kenyamanan seperti ini kecuali sedikit orang dan Anda sendiri.

Foto : www.ecochoices.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.