4 Khasiat / Manfaat Kencur

Wednesday, June 05, 2013
Kencur

Nama ilmiah untuk kencur adalah Kaempferia galanga L. Khusus di Indonesia, kencur biasa juga disebut dengan ceuko, tekur (Aceh), kaciwer (Batak), cakue (Minang), cikur (Sunda), sikor (Kalimantan), cekuh (Bali), cakuru (Makassar), asauli (Ambon), ukap (Irian). Nama yang cukup banyak untuk satu jenis tanaman kencur.

Di negara kita, kencur sangat mudah tumbuh dan dapat ditanam di dalam pot atau pekarangan rumah, biasanya untuk bumbu dapur atau bahan obat. Kencur akan tumbuh lebih baik lagi bila ditanam di tanah gembur dengan sedikit berpasir.

Manfaat/Khasiat Kencur

Kencur, salah satunya mengandung minyak atsiri yang terdiri dari borneol, methyl-p-cumaric acid, cinnamicacid ethyl ester, pentadecane, cinnamic aldehyde, dan champene. Kencur bermanfaat untuk :

1. Obat Tetanus
Siapkan rimpang kencur sebesar 3 jari. Tambahkan daun jinten 1/2 genggam dan daun keji beling (ngokilo) 18 lembar. Cuci bersih ramuan dan potong-potong seperlunya. Rebuslah dengan 3 gelas air bersih dan tambahkan 3 jari gula enau. Terus rebus hingga air rebusannya mencapai 3/4-nya. Dinginkan air rebusan, saring dan minum sebanyak 3/4 gelas. Minum ramuan ini 3 kali sehari.

2. Keracunan Tempe Bongkrek
Bahan yang disiapkan ialah rimpang kencur 1/2 jari, daun sambiloto 1/4 genggam, daun kumis kucing 1/3 genggam, gula aren 2 jari, serta daun belimbing wuluh 1/4 genggam. Bahan dicuci bersih lalu potong seperlunya. Rebuslah bahan dengan dua gelas air bersih hingga tinggal 1/4-nya. Dinginkan air lalu saring. Minum sebanyak 3/4 gelas 1-2 kali sehari.

3. Muntah-muntah
Siapkan 1,5 jari rimpang kencur. Cuci bersih lalu berikan untuk dikunyah penderita bersama sedikit garam. Setelah halus, kencur ditelan dan kemudian minum air hangat. Bila masih muntah, lakukan 2 kali sehari.

4. Keracunan Jamur
Ambillah rimpang kencur 1 jari, daun sambiloto 1/3 genggam, dan daun jintan 1/4 genggam. Tumbuk bahan sampai halus dan tambahkan air masak 3/4 gelas. Peras dan saringlah. Lalu segera minumkan ke penderita yang sedang muntah-muntah. Cukup diminum sekali itu saja.

Khasiat lain dari kencur yang sudah sangat kita kenal (jamu beras kencur) yaitu untuk menambah daya tahan tubuh, menghilangkan masuk angin dan rasa lelah.

Perlu diperhatikan, kencur memang memiliki manfaat/khasiat untuk pengobatan seperti di atas. Namun beberapa kondisi di atas bersifat tidak dapat ditunda. Misalnya, apabila kondisi keracunan buruk, lebih baik tinggalkan niat Anda untuk membuat ramuannya (kecuali bila memang sudah siap saji) dan segeralah bawa ke dokter atau rumah sakit. Bila memang tidak memungkinkan untuk pergi ke dokter atau rumah sakit, maka tentu saja ada baiknya Anda melakukan pengobatan dengan kencur ini.

(Kredit foto : Luc Viatour / www.lucnix.be)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Disclaimer: Semua informasi di dalam artikel-artikel Medkes.com merupakan sudut pandang penulis. Medkes.com tidak mendukung dan tidak bertanggungjawab atas penggunaan pandangan tersebut oleh pihak lain. Semua risiko atas penggunaan informasi di website ini sepenuhnya ada pada pembaca. Gambar-gambar dan ilustrasi yang dimuat di dalam website ini adalah gambar public domain. Atribusi ditambahkan jika disyaratkan.